Kompleks Candi Pulau Sawah I

0 104

Kompleks Candi Pulau Sawah I

Candi-candi yang berlatar belakang Hindu/Budha di kawasan Candi Pulau Sawah ini merupakan bukti eksistensi Kerajaan Malayu Dharmasraya. Mengingat banyaknya temuan dan tinggalan pada kawasan ini, diasumsikan lokasi ini merupakan salah satu pusat Kerajaan Malayu Dharmasraya selain di Padang Roco. Pada kawasan ini ditemukan berbagai macam temuan baik berupa candi, arca, keramik maupun artefak lainnya. Pemugaran pada Candi Pulau Sawah I dan II dilakukan secara bersamaan pada tahun 2003 oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala (SPSP) Sumbar Riau. Deskripsi Arkeologis Pada kawasan ini terdapat 9 buah gundukan (munggu) yang diperkirakan mengandung struktur bata.1 Candi Pulau Sawah I berbentuk bujur sangkar bersegi berukuran 10,5 x 10,5 m.

Dinding sisi utara membentuk penampil dua buah. Penampil dalam berukuran 5,2 x 0,8 m dan penampil luar berukuran 3,4 x 0,45 m, sedangkan dinding timur tidak berpenampil dengan panjang 3,9 m. Sisi luar dari struktur bata ini dikelilingi oleh struktur batu kali berukuran lebar antara 1–1,5 m yang disusun dengan cara direkat dengan tanah lempung. Bagian lantai susunan batunya masih relatif utuh dan merupakan susunan tertinggi sebanyak 37 lapis dihitung dari susuan lapis terbawah yang terdapat pada bagian tengah sisi utara. Adapun lantai pada sisi barat agaknya sudah banyak lapisan batanya yang  hilang akibat digali oleh penduduk setempat. Lantai sisi timur seolah-olah disekat oleh susunan batu kali selebar 85 cm, panjang 163 cm, dan tinggi dari dasar 160 cm, serta tinggi dari lantai 20 cm.

Lantai sebelah timur struktur batu kali ini membentuk lantai selasar berukuran lebar 93 cm kemudian berbelok ke barat membentuk lantai selasar selebar 115 cm untuk menuju ke lantai bawah sisi selatan yang tinggal 13 lapis bata. Salah satu hal yang menarik adalah adanya lubang persegi berukuran lebih kurang 2,25 x 2,25 m yang berada di bagian tengah lantai. Keempat sisi dinding bak persegi ini merupakan susunan bata yang sekaligus merupakan susunan bata yang membentuk lantai. Belum diketahui dengan pasti fungsi dari bak persegi ini.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Dharmasraya.pdf
Comments
Loading...