Kompleks Buyut Trusmi Cirebon

0 158

Lokasi Kompleks Buyut Trusmi

Kompleks Buyut Trusmi terletak di Jl. Trusmi, Trusmi Wetan, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154.

Kompleks Buyut Trusmi

Komplek Buyut Trusmi merupakan tempat peziarahan yang dibangun pada tahun 1481 oleh Trusmi, anak pertama Raja Pajajaran (Prabu Siliwangi). Buyut Trusmi adalah yang menyebarkan ajaran Islam di Cirebon. Beliau wafat pada tahun 1559.

Lingkungan sekitar kompleks Buyut Trusmi berupa pemukiman penduduk pada kawasan pedataran. Batas sebelah utara adalah pemakaman umum dan kebun, sebelah timur sungai, sebelah selatan Jl. Kampung Rumah Gede (Bale) dan pemukiman, serta di sebelah barat juga pemukiman.
Kompleks Buyut Trusmi luasnya sekitar 3600 m2 dikelilingi pagar tembok setinggi 2 m dengan bahan bata tanpa dilepa. Sebagaimana bangunan dari masa Kesultanan Cirebon lainnya, Kompleks Buyut Trusmi didominasi warna merah bata. Jalan masuk ke kompleks bisa melalui Gapura Kulon dan Gapura Wetan.
Kedua gapura berbentuk gapura candi bentar masing-masing dilengkapi dengan 2 daun pintu simetris. Daun pintu terbuat dari kayu berukir dengan ragam hias pola flora dan fauna (ular). Di balik gerbang pada sebelah kanan dan kiri terdapat tempat air keramik. Secara keseluruhan gerbang ini dilengkapi bangunan cungkup dengan ukuran tinggi 4 meter beratap joglo dari bahan sirap.
Setelah melewati gerbang terdapat tembok penghalang yang disebut Kuta Hijab. Tembok penghalang ini berfungsi sebagai aling-aling atau tirai untuk menghalangi pandangan. Sehingga pengunjung tidak dapat melihat bagian dalam dari depan pintu gerbang. Bangunan ini berukuran lebar 0,50 m, panjang 3,90 m, dan tinggi 2,80 m. Bagian atasnya melingkar dan bagian tengahnya dengan hiasan tugu kecil. Bidang aling-aling ini dihiasi juga dengan pola geografis.
Halaman dalam kompleks Buyut Trusmi secara umum terbagi dua bagian. Di halaman sebelah selatan terdapat bangunan masjid dan beberapa bangunan lainnya sedangkan halaman sebelah utara merupakan tempat bangunan makam Buyut Trusmi. Setelah melewati gerbang baik yang ada di timur maupun barat akan sampai di halaman sebelah selatan.
Source Kompleks Buyut Trusmi Cirebon Jawa Barat
Comments
Loading...