Komplek Situs Datuk Laksmana Raja Dilaut Bengkalis

0 75

Lokasi Komplek Situs Datuk Laksmana Raja Dilaut

Komplek Situs Datuk Laksmana Raja Dilaut terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Bukit Batu, Sungai Pakning-Bengkalis, Riau.

Komplek Situs Datuk Laksmana Raja Dilaut

Di dalam komplek situs bersejarah ini terdapat beberapa bangunan penting peninggalan Datuk Laksmana Raja Dilaut, diantaranya adalah :

  1. rumah milik Datuk Laksmana Raja Dilaut IV,
  2. makam Datuk Laksmana Raja Dilaut IV,
  3. makam Datuk Laksamana Raja Dilaut III
  4. masjid bersejarah yaitu Masjid Jami’ Al Haq,
  5. senjata meriam peninggalan Datuk Laksmana Raja Dilaut dan sebagainya.

Di tempat ini kita bisa menyaksikan bekas-bekas yang menjadi bukti sejarah kegagahan para Datuk Laksmana Raja Dilaut di bawah Kerajaan Siak di masa dahulu. Di area situs sejarah tersebut terdapat senjata kebanggaan di masa kekuasaan Datuk Laksmana, yakni meriam. Konon di masa lalu, senjata ini berjejer di pelabuhan Sungai Pakning untuk mengamankan kawasan tersebut dari ancaman musuh.

Sebutan Datuk Laksmana merupakan sebutan yang diberikan oleh kesultanan Siak untuk para Panglima Laut yang menjaga kawasan pesisir pantai Melaka. Seperti diketahui, terdapat 4 orang Datuk Laksmana Raja Dilaut yang berkuasa di daerah pesisir Sungai Pakning. Mereka dikenal sebagai para panglima laut yang gagah berani, mampu menaklukkan para lanun di lautan, menjaga benteng kerajaan dengan gagah berani. Kekuasaan Datuk Laksmana Raja Dilaut dimulai dari Datuk Encik Ibrahim disebut-sebut sebagai Datuk Laksamana Raja di Laut yang pertama, berkuasa pada tahun 1767 M-1807 M. Setelah itu, kekuasaan dipegang oleh Datuk Khamis, Datuk Abdullah Shaleh (Datuk Botot) dan Datuk Ali Akbar yang bergelar Datuk Laksmana Raja Dilaut II, III dan IV.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2017/10/komplek-situs-datuk-laksmana-wisata.html
Comments
Loading...