Komplek Makam Tegal Arum

0 472

Lokasi Komplek Makam Tegal Arum

Komplek Makam Tegal Arum terletak di Dusun Pakuncen, Desa Pasarean, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Propinsi Jawa Tengah. Komplek Makam Tegal Arum berada di tengah-tengah perkampungan penduduk yang lumayan padat. Terdapat beberapa bangunan fasilitas disekeliling komplek makam seperti sekolah dasar yang berada di utara jalan masuk ke komplek makam dan kantor kelurahan Pasarean di selatan jalan masuk ke komplek makam.

Komplek Makam Tegal Arum

Komplek Makam Tegal Arum kabupaten Tegal merupakan makam Amangkurat I atau Sri Susuhunan Amangkurat Agung yang merupakan raja Kesultanan Mataram yang memerintah tahun 1646-1677. Amangkurat I meninggal pada 13 Juli 1677 di desa Wanayasa, Banyumas dan berwasiat agar dimakamkan dekat gurunya di Tegalarum. Ia adalah anak dari Sultan Agung Hanyokrokusumo. Ibunya bergelar Ratu Wetan, yaitu putri Tumenggung Upasanta bupati Batang (keturunan Ki Juru Martani). Amangkurat I memiliki dua orang permaisuri. Putri Pangeran Pekik dari Surabayamenjadi Ratu Kulon yang melahirkan Raden Mas Rahmat, kelak menjadi Amangkurat II. Sedangkan putri keluarga Kajoran menjadi Ratu Wetan yang melahirkan Raden Mas Drajat, kelak menjadi Pakubuwana I.

Karakteristik Bangunan

Makam Amangkurat I terletak di halaman kelima komplek yang berbentuk teras bertingkat. Bangunan cungkup yang menghadap keselatan terletak pada teras ke tiga yaitu teras yang tertinggi. Setiap teras yaitu teras pertama, kedua dan ketiga terdapat gapura bentar sebagai pintu masuk. Gapura merupakan bagunan terbuat batu bata tabpa plester. Tinggi gapura ini 150 cm dari lantai pintu. Terdapat 7 gapura yang terdiri dari 3 gapura bentar dan 4 gapura padureksa. Pagar yang terdapat di komplek makam Tegal Arum terbuat dari susunan bata.

 

Source Makam Tegal Arum Tegal
Comments
Loading...