Komplek Makam Raja – Raja Matan Kalimantan Barat

0 81

Lokasi Komplek Makam Raja – Raja Matan

Komplek Makam Raja – Raja Matan terletak di  jalan Pangeran Kesumajaya, Desa Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong, Kalimantan Barat.

Komplek Makam Raja – Raja Matan

Kompleks Makam Raja-raja Matan berjarak 300 meter ke arah timur laut  dari arah  Keraton Matan.  Lokasi Komplek Makam  terletak  di sebelah utara Sungai Pawan, berjarak sekitar 200 meter dan berada di tepi selatan jalan Syech Abdullah Kai. Keletakannya berada di sebelah Tenggara Keraton Kerajaan Matan.

Komplek Makam  Raja-raja Matan berada di areal pemakaman umum  dengan luas situs  1747,09 m2 dengan panjang  80,66 meter, lebar  21,66 meter. Makam Raja-raja Matan diletakkan pada sebuah cungkup berukuran 6,75 meter x 6,75 meter. Tokoh Raja Matan yang dimakamkan  yaitu Gusti Muhammad Sabran.   Makam GM.  Sabran terdiri darijirat, dan nisan. Terbuat dari kayu ulin dengan panjang jirat 369 cm, lebar jirat 135 cm. Nisan mempunyai tinggi 140 cm, lebar 30 cm dan nisan berbentuk gada.

GM.Sabran adalah raja kelimabelas yang membangun Keraton Matan, bertahta pada periode tahun 1845-1924 M, kemudian digantikan oleh anaknya yang menjadi raja terakhir yaitu GM. Saunan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2017/04/komplek-makam-raja-raja-matan/
Comments
Loading...