Komplek Makam Raja Kutai Kartanegara Kalimantan Selatan

0 108

Lokasi Komplek Makam Raja Kutai Kartanegara

Komplek Makam Raja Kutai Kartanegara terletak di Jl. D. Diponogoro, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Selatan.

Komplek Makam Raja Kutai Kartanegara

Letak komplek ini tepatnya berada pada bagian selatan Istana Kesultanan Kutai atau yang sekarang menjadi museum Mulawarman.

Komplek makam ini merupakan komplek makam yang diperuntukkan bagi raja-raja Kutai Kartanegara, diperkirakan sudah ada sejak abad ke 13 atau sekitar tahun 1320 dan pada tanggal 16 Oktober 1990 baru diresmikan oleh Gubernur Tingkat I Kalimantan Timur, yaitu H.M. Ardans.

Raja yang dimakamkan pada komplek tersebut adalah Sultan Aji Imbut (Wafat 24 Rajab, 1209 H), Sultan Aji Muhammad Salihuddin (Wafat 17 Rajab, 1261 H), Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Wafat 28 Rajab, 1317 H) dan Sultan Aji Muhammad Parikesit (Wafat 22 Rajab, 1961 H). Disamping makam raja-raja tersebut  diatas kawaan ini juga terdapat 245 maka para kerabat sultan dan para pemangku jabat dilingkungan Kesultanan Kutai.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2017/03/komplek-makam-raja-kutai-kartanegara/
Comments
Loading...