Komplek Makam Narasinga II Riau

0 91

Lokasi Komplek Makam Narasinga II

Komplek Makam Narasinga II terletak di Jl. Kompleks Narasinga II, Dusun I Kota Lama, Desa Kota Lama, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu, Riau.

Komplek Makam Narasinga II

Raja Narasinga II adalah Sultan Indragiri keempat yang dimakamkan di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu. Raja Narasinga bernama Paduka Maulana Sri Sultan Alaudin Iskandarsyah Johan Zirullah Fil Alam. Dia merupakan Raja Indragiri ini berasal dari Malaka. Dia pernah melawan Portugis selama 20 tahun antara tahun 1512 sampai 1532. Kerajaan Indragiri diperintah langsung dari Kerajaan Malaka pada masa Raja Iskandar yang bergelar Narasinga I.

Pada kompleks makam ini terdapat sebelas makam. Makam yang penting pada kompleks makam ini adalah makam Narasinga II dan makam Sultan Usuluddin. Makam Narasingga II berada pada tanah yang paling tinggi dibandingkan dengan makam lainnya. Sekeliling makam terdapat parit tanah yang cukup dalam (sekitar 4 m ). Parit ini mengelilingi kompleks makam mengikuti bentukan tanah makam yang makin ke utara makin rendah. Narasinga II adalah sebagai Raja Kerajaan Indragiri ke – 4 yang menetap di Rengat. Nisan makam Narasinga II terbuat dari bahan granit, sedangkan jirat dari bahan batu andesit dengan arah orientasi utara-selatan. Jirat berbentuk susunan berupa tiga undakan. Nisan berukuran tinggi 84 cm, lebar 49 cm dan tebal 21 cm.

Pada bagian badan nisan terdapat tulisan yang diukir dengan bahasa Arab. Bentuk nisan berbentuk tipe aceh dengan hiasan kombinasi antara lengkung-lengkung stiliran dan garis-garis vertikal yang dibuat secara timbul. Pada Makam Raja Nara Singa II terdapat dua buah Batu Nisan tipe Aceh yang terbuat dari batu jenis Andesit dan sebuah jerat asli yang terbuat dari batu jenis Granit yang di dalamnya tedapat sebelas makam pendamping,diantaranya adalah : Makam Sultan Usuluddin, Putra Mahkota Raja Nara Singa II,Sultan Kerajan Indragiri ke V.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/08/20/komplek-makam-narasinga-ii/
Comments
Loading...