Komplek Klenteng Senggarang

0 22

Komplek Klenteng Senggarang

Di semenanjung Senggarang terdapat kompleks klenteng yang amat erat kaitannya dengan masyarakat keturunan Cina, seperti klenteng Jodoh sungai Jodoh. Untuk sampai di kompleks klenteng ini, kita dapat menumpang kapal pompong umum 10 menit darl kota Tanjungpinang.

Kelenteng di kompleks ini ada tiga buah dan ketiganya mempunyai nilai magis tersendiri. Ketiga kelenteng itu adalah : klenteng Sung Te Kong atau kelenteng Dewa Api, nilai magis yang melekat bahwa sembahan ditujukan untuk mendapatkan keselamatan di darat. Klenteng Maco atau klenteng Dewa Laut, nilai magis yang melekat pada klenteng ini bahwa sembahan ditujukan untuk mendapatkan

keselamatan di laut atau pelayaran. Klenteng Tay Ti Kong menurut kepercayaan penganutnya disebut pula kelenteng Dewa Tanah, nilai magis yang melekat bagi mereka bahwa sembahyang di klenteng Tay Ti Kong mendoa untuk diberikan keselamatan untuk tanah, umpamanya mendoa untuk berkebun, mendoa hendak mendirikan rumah dan lain sebagainya agar segala kegiatannya tidak mendapat halangan kelak.

Source https://negeritua.com https://negeritua.com/peninggalan-bersejarah-di-riau/4/
Comments
Loading...