Komplek Kantor Polisi Agam

0 32

Komplek Kantor Polisi Agam

Kompleks Polres Bukittinggi berada di Jalan Sudirman, Kelurahan Sapiran, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Kompleks Polres Bukittinggi dibangun pada tahun 1872 ini dulunya merupakan bagian dari Kawasan Sekolah Rajo (Kweekschool) dan dipakai sebagai sekolah dan tempat tinggal guru-guru Belanda dan asrama siswa. Pasca kemerdekaan, fungsinya beralih menjadi kantor Mobile Brigade (Mobrig), setelah itu Mobile Brigade (Brimob).

Setelah Brimob pindah ke Kota Padang, bangunan ini dipakai sebagai Kantor Polres Agam yang membawahi Kab. Agam dan Kodya Bukittinggi. Kemudian pada akhir 1980an dan awal 1990an, Kabupaten Agam memindahkan ibu kota mereka dari Bukittinggi ke Lubuk Basung dan sejalan dengan pemindahan ibu kota kabupaten tersebut maka Polres Agam akhirnya dipecah menjadi dua. Polres Agam mempunyai Kantor Polres sendiri, dan bangunan ini dipakai khusus untuk Polres Kota Bukittinggi.

Kompleks ini terdiri dari bangunan Kantor Polres yang menyatu dengan Rumah Dinas Kapolres, bangunan asrama anggota Polres yang berada di belakang dan di seberang kantor Polres, dan rumah-rumah dinas perwira yang terletak di seberang Polres.

Bangunan utama Kantor Polres mempunyai arsitektur khas Belanda dengan atap tinggi dari genteng dengan tembok terkesan kuat dan kokoh. Pintu gerbang berupa tembok terdiri dari 3 lubang berbentuk lengkung tanpa daun pintu. Jendela dari kayu dengan tinggi 2 meter mengitari seluruh bangunan. Di atas pintu gerbang terdapat atap berbentuk gonjong yang merupakan bangunan tambahan. Bangunan ini terbagi menjadi 9 ruangan, sebuah bangunan tahanan dan bangunan kamar kecil di tengah-tengah bangunan utama. Ruang tahanan dan kamar kecil kemungkinan dibuat pada saat bangunan ini berfugsi sebagai kantor Mobile Brigade. Bangunan utama Polres Bukittnggi memiliki ukuran 1.780 m2 yang berdiri diatas lahan seluas 14.385 m2.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/09/3-kantor-polisi-sumatera-tengah.html
Comments
Loading...