Komplek Istana Kantor Riau

0 19

Komplek Istana Kantor

Istana yang digunakan sebagai Kantor Pemerintahan Kerajaan Riau kali pertama oleh Yang Dipertuan Muda Raja Ali (1844-1855) sekarang dinamakan Komplek Istana Kantor, dengan luas kurang lebih satu hektar, Pulau Penyengat, Kepulauan Riau.

Komplek istana ini sangat besar dan dikelilingi oleh tembok tebal lengkap dengan pintu gerbang di bagian belakangnya. Setelah wafat, Raja Ali dikenal dengan Marhum Kantor. Sekarang istana ini dinamakan Komplek Istana Kantor.

Gedung ini sengaja didesain khusus agar tahan dari pengaruh cuaca lembab dan basah. Untuk itu, mulai dari pondasi sampai atap bangunan dibuat menggunakan beton dan ukuran dinding dibuat melebihi ketebalan bangunan biasa. Sehingga, bubuk mesiu yang tersimpan di dalam bangunan kualitasnya tetap terjaga. Pada sisi kanan dan kiri gedung dilengkapi dengan jendela kecil yang dipasang jeruji besi. Pada zaman dahulu, jendela tersebut berfungsi untuk memberi cahaya masuk ke dalam bangunan.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/05/08/wisata-sejarah-di-kepulauan-riau-kepri/
Comments
Loading...