Komplek Candi Bungsu

0 252

Candi Bungsu terletak di sebelah barat Candi Mahligai. Bangunannya terbuat dari dua jenis batu, yaitu batu pasir (tuff) terdapat pada bagian depan, sedangkan batu bata terdapat pada bagian belakang. Pemugaran candi ini dimulai tahun 1988 dan selesai dikerjakan tahun 1990. Melalui pemugaran tersebut candi ini dikembalikan ke bentuk aslinya, yaitu empat persegi panjang dengan ukuran 7,5 m x 16,28 m.

Candi Bungsu berbentuk mirip dengan Candi Sulung. Candi dengan atap berbentu segi empat ini memiliki ukuran 13,2 x 16,2 meter dengan stupa – stupa kecil dan sebuah tangga di bagian timur candi. Bagian pondasi bawahnya terdiri dari 20 sisi dengan sebuah bidang di atas. Uniknya bangunan ini dibangun dengan menggunakan 2 bahan yang berbeda. Di bagian utara dibuat dengan menggunakan bahan batu pasir, sedang di bagian selatan menggunakan batu bata. Candi ini masih berkomplek pada Candi Muara Tikus Riau.
Penelitian yang pernah dilakukan oleh seorang peneliti bernama J.W. Yzerman pernah menemukan sebuah lubang di tepi padmasana stupa. Di dalam lubang itu ditemukan tanah dan abu dengan 3 potongan emas di dalamnya dan 1 kepingan lainnya ada di dasar lubang dengan goresan gambar tricula dan 3 huruf nagari. Selain itu ditemukan juga sebuah potongan batu persegi yang digores dengan gambar tricula dan juga sembilan huruf pada salah satu sisinya.

Bagian puncak tidak dapat dipugar, karena tidak diketahui bentuk sebenarnya. Tinggi setelah dipugar 6,2 m dari permukaan tanah dan volumenya 365,8 m3, menurut gambar yang dibuat oleh J.W. Yzerman bersama – sama dengan TH. A.F. Delpart dan Optizer (Sinder) H.L. Leijdie.

Source Komplek Candi Bungsu Komplek Candi Bungsu
Comments
Loading...