Kompek Bekas Asrama Jepang Indragiri Hulu

0 10

Kompek Bekas Asrama Jepang

Bekas Asrama Jepang pada tahun 2007 ini yang ada hanya berupa tinggalan bekas tiang, yang masih utuh 1 buah tiang dan 1 buah lagi tinggal pondasi. Bangunan ini hancur/rusak/hilang akibat tergusur oleh pemukiman/rumah penduduk. Meskipun demikian tinggalan Arkeologis lain yang dapat ditemui sebagai pertanda pernah ada aktivitas masunia dimasa lalu antara lain :

  1. Pintu Gerbang : Pintu gerbang berbentuk persegi gerbang paduraksa, yaitu terdapat penyangga di kanan kirinya dan ada kontruksi yang membentang di bagian atas pintu masuk. Pintu gerbang berukuran tinggi 4 m dan lebar 6,2 m. Kontruksi dan struktur pintu gerbang masih asli, namun ada penambahan tempelan profil kotak-kotak. Di sebelah kanan pintu gerbang terdapat lubang berukuran 95 cm x 130 cm. Di belakang lubang tersebut dahulu merupakan tempat penjaga.
  2. Sumur : Sumur ini berbentuk silinder dengan diameter sumur 185 cm. Bagian atas sumur diberi pengaman dari pasangan bata dengan tebal pasangan bata 30 cm dan tinggi 45 cm. Di dekat sumur terdapat bak penampung air berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 245 cm x 245 cm dan tinggi 1 m (pada awalnya tingginya 5 m). Ketebalan dinding bak air 30 m. Pada awalnya bak air ini berjumlah 4 buah, tetapi sekarang tinggal 1 buah dalam kondisi rusak.
Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Indragiri-Hulu-BPCB.pdf
Comments
Loading...