Klinik Pertamina Sangasanga Kalimantan Timur

0 97

Lokasi Klinik Pertamina Sangasanga

Secara adaministrasi Klinik Pertamina Sangasanga terletak di Kabupaten Kutai Kartanegar, Provinsi Kalimantan Timur.

Klinik Pertamina Sangasanga

Bangunan kawasan ini diperkirakan dibangun pada saat aktifitas pengeboran minyak di kawasan ini pada jaman kolonial berlangsung. Rumah Sakit BPM (Bataafsche Petroleum Maatshappij) sekarang menjadi Klinik Pertamina Sangasanga terdiri 5 bangunan, bangunan pertama adalah gedung utama yang berbentuk bangunan panjang kesamping dan dibagi menjadi dua ruangan, kedua ruangan tersebut pada gedung utama tersebut dipisahkan oleh ruang lobby yang sekarang berfungsi sebagai loket. Kedua ruangan tersebut difungsikan sebagai ruang perikasa utama dan ruang unit gawat darurat. Gedung kedua berada di sebelah kiri gedung utama dan difungsikan sebagai ruang rawat inap.

Ruang rawat inap ini berbentuk L dengan bagian pajang berada di belakang, ruang rawat inap ini dibagi menjadi beberapa kamar untuk kamar opname pasien. Pada ruang rawat ada dua bangunan kecil lain yang menempel pada bagian belakang ruang rawat inap, bangunan kecil ini dipakai sebagai dapur ruang rawat inap. Bangunan berikutnya adalah ruang kamar mayat berada di bagian belakang halaman rumah sakit tersebut. Kamar mayat ini berbentuk bangunan kecil dan menghadap kearah halaman tengah di lahan rumah sakit, sekarang kamar mayat ini telah dirubah fungsinya menjadi garasi ambulans dan gudang.

Didepan kamar mayat tepat ditengah halaman tengah rumah sakit terdapat bangunan kecil yang difungsikan sebagai ruang jaga perawat, bersebalahan dengan ruang jaga terdapat bangunan lain, bangunan ini dibagi menjadi dua bagian, pada bagian depan difungsikan sebagai tempat untuk pemeriksaan radiologi dan rontgen dan bagian belakang gedung ini dijadikan tempat laundry, bagian belakang gedung ini terdapat garasi dan besi pipa besar untuk tempat menjemur hasil cucian dari ruang laundry.

Gedung terakhir adalah gedung administrasi, letaknya di sebelah gedung utama dan menghadap ke halaman depan rumah sakit. Keseluruhan dari bangunan Klinik Pertamina Sangasanga ini terbuat dari kayu yang disusun melintang dengan atap terbuat dari sirap kayu ulin. Lantai dikeramik warna putih, sebagain besar peralatan yang dipergunakan masih sesuai dengan aslinya kecuali alat‐alat kedokteran yang memerlukan pemutakhiran.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/klinik-pertamina-sangasanga/
Comments
Loading...