Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Probolinggo

0 191

Lokasi Klenteng Tri Dharma Sumbernaga

Klenteng Tri Dharma Sumbernaga terletak di Jalan WR. Supratman, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Klenteng Tri Dharma Sumbernaga

Kota Probolinggo adalah kota lama yang mempunyai banyak bangunan kuno jejak masa lampau. Salah satunya adalah bangunan kuno yang berbentuk kelenteng dan dikenal dengan nama Kelenteng Sumber Naga. Kelenteng ini sebenarnya bernama Liong Tjwan Bio yang berarti Kelenteng Sumber Naga. Penggunaan nama dalam bahasa Indonesia itu dilakukan sejak masa pemerintahan Orde Baru. Konon, kelenteng Sumber Naga ini sudah ada sejak tahun 1865 dengan Kong CoTan Hi Jin sebagai sesembahan utamanya.

Klenteng Tri Dharma Sambernaga merupakan salah satu tempat sakral umat Konghucu, yang menawarkan ornamen unik dan aspek religius. Tempat ini pada dasarnya sebagai tempat beribadah, dan kadang-kadang digelar upacara dan aktifitas keagamaan. Dibuat 142 tahun yang lalu dan masih terjaga dengan baik. Sehingga menjadi menarik bagi banyak orang yang melihat sekilas klenteng tersebut. Dalam upacara Implek, salah satu atraksi menarik yaitu Barongsai & patung dewi Kwan Im yang diarak keliling kota. Dengan kombinasi lentera, prosesi pembersihan altar dan lain-lain selalu digelar secara teratur. Kadang-kadang digelar Parade Budaya China yang dilakukan oleh etnis China as sebagai penduduk asli Kota Probolinggo.

Kelenteng Sumber Naga merupakan kelenteng yang sangat menjunjung tinggi religi, terdapat 3 buah bangunan tempat altar yang berbentuk U, di tengah merupakan pusat dari altar utama yaitu altar YM KONG CO TAN HU CIN JIN, dibelakang terdapat altar Kwan Im Po Sat, di sebelah kanan dan kiri adalah altar Kwan Kong, Kong Tik Cun Ong, dan Tri Nabi.

Dalam setahun sekali, di kelenteng Sumber Naga diadakan acara sembahyang rebutan bagi umat kelenteng dan pembagian beras bagi masyarakat yang tidak mampu.

 

Source Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Probolinggo Jawa Timur
Comments
Loading...