Klenteng Tay Kak Sie Semarang

0 117

Lokasi Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie terletak di Jl. Gg. Lombok No.62, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50188.

Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie berawal dari dibangunnya Kwan Im Ting atau tempat pemujaan Dewi Kwan Im di Balekambang (Jl. Gang Belakang) pada tahun1746 oleh penduduk Pecinan Lor dan Kulon, pada saat itu sekelilingnya masih berupa tanah kosong dengan pepohonan asem sehingga memberikan kesan yang angker. Kemudian pada perkembangannya di tahun 1753, Lokasi Kwan Im Ting semakin ramai sehingga perjuadian dan pertunjukkan seni yang muncul di tempat tersebut sering memicu perkelahian massal.

Untuk meredamnya, Kwan Im TIng dipindahkan ke Gang Lombok yang memiliki lokasi dengan Feng Shui lebih bagus dari lokasi lama. Lokasi ini merupakan kebun lombok yang terletak di tepi kali Semarang dan menyimbolkan bunga teratai. Pelopor kepindahan Kwan Im Ting adalah Kapten Tang Eng (Tan Kiem Sa), Mayor Tan Kiem Bing, Letnan Kho Bing Liang (Khouw Ping), Liem Jam Kong (Liem Sing Sie), Tan Kong Hoey, Tan Tjeng, Tan Twat Gwan, Kapten Oey Tay Ting dan hartawan lainnya. Klenteng dibangun dengan mendatangkan tukang – tukang dari Tiongkok dan diberi nama Tay Kak Sie yang artinya “Kesadaran Tinggi”.

Klenteng Tay Kak Sie sempat mengalami pemugaran besar – besaran di tahun 1814, 1845, 1890, 1956, 1982. Sempat terjadi kebakaran yang menghanguskan ruang pemujaan untuk Hok Tek Tjing Sien (Dewa Bumi) sehingga pada tahun 1987 dilakukan perbaikan pada ruang pemujaan tersebut.

Penambahan bangunan kemudian terjadi pada tahun 1995 dengan menambahkan bangunan aula dan penginapan (2002). Kemudian di tanggal 11 Agustus 2007 diresmikan replika kapal Cheng Ho diatas Kali Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto.

Klenteng Tay Kak Sie merupakan salah satu kelenteng yang paling besar dan indah di kawasan Pecinan Semarang. Penerapan feng shui sangat kental terlihat pada kelenteng ini. Dimulai pada pemilihan lahan yang berbentuk empat persegi panjang, yang mempunyai makna cukup baik dalam pandangan Feng Shui.

Klenteng Tay Kak Sie merupakan kelenteng masyarakat yang berfungsi untuk menjaga keharmonisan seluruh lingkungan masyarakatnya. klenteng masyarakat biasanya ditandai oleh letak dan orientasi Klenteng terhadap sungai. Pada usianya yang sudah lebih dari 262 tahun ( dibangun tahun 1771), klenteng Tai Kak Sie masih berdiri kokoh dan kondisinya juga semakin baik. Renovasi yang dilakukan beberapa kali menambah keindahan klenteng ini.

Source http://semarangkota.com/ http://semarangkota.com/08/klenteng-tay-kak-sie/
Comments
Loading...