Klenteng Sijuk Bangka Belitung

0 149

Lokasi Klenteng Sijuk

Klenteng Sijuk terletak di Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Bangka Belitung.

Klenteng Sijuk

Dimana Klenteng Sijuk didirikan pada 1815, hanya sekitar 2 tahun lebih awal dari berdirinya Masjid Al Ikhlas Sijuk. Halaman Klenteng Sijuk ini luas, dengan kiri kanan berupa kebun yang ditumbuhi pepohonan cukup rapat, sehingga bangunannya yang terkesan agak sederhana itu terlihat menjadi kecil. Suasana sepi ketika saya datang. Tidak terlihat ada orang bersembahyang, namun saya bertemu dengan pengurus Klenteng Sijuk yang bernama Abok, dan seorang lagi penduduk yang tengah mampir di sana.

Tampak depan Klenteng Sijuk diambil dari sisi yang berseberangan dengan jalan masuk. Dua buah Kim Lo, bangunan berbentuk pagoda untuk membakar kertas sembahyang, tampak terletak agak sedikit terpisah di depan. Bangunan utama yang berada di tengah memiliki atap yang ditutup seng, tanpa ornamen sepasang naga berebut mustika di tengah puncaknya, seperti lazimnya klenteng yang lain. Namun ada ornamen sepasang naga berukuran besar melilit tiang depan teras kelenteng, dengan kepala saling berhadapan.

Bangunan terbuka berbentuk bujur sangkar di sayap sebelah kiri Klenteng Sijuk yang terlihat pada foto berfungsi sebagai semacam pendopo. Tempat itu digunakan oleh pengurus dan pengunjung kelenteng untuk duduk-duduk setelah atau sebelum sembahyang.

Jauh agak ke depan, di halaman Klenteng Sijuk, terdapat sebuah altar kecil tempat pemujaan bagi Dewa Langit (Thien Sin, atau Shien Tien Shang Tee). Dari sini bisa terlihat tiang-tiang jembatan yang melintang di atas Sungai Sijuk, yang jaraknya hanya sekitar 50 m di seberang Kelenteng Sijuk. Bangunan Klenteng Sijuk ini menghadap ke arah Barat.

Di halam sebelah kiri Klenteng Sijuk terdapat sebuah sumur tua yang berkedalaman 7 meter. Dasar sumur berupa batu tebal, sehingga tidak bisa diperdalam lagi. Namun di sisi kanan kiri dinding sumur tidak ada batunya, dan air sumur ini tidak pernah kering, meski pada musim kemarau sekalipun.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/kelenteng-sijuk-belitung/
Comments
Loading...