Klenteng See Hoo Kiong Semarang

0 66

Lokasi Klenteng See Hoo Kiong

Klenteng See Hoo Kiong terletak di Jl. Sebandaran 1, Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135.

Klenteng See Hoo Kiong

Diantara banyaknya kelenteng di Pecinan, terdapat satu yang cukup unik yaitu Kelenteng See Hoo Kiong. Kelenteng See Hoo Kiong sendiri didirikan pada tahun 1881. Relatif lebih muda dimana kebanyakan kelenteng di Pecinan dibangun pada tahun 1700an dan awal 1800an. Selain keasliannya yang masih dipertahankan Kelenteng ini juga pernah diberi penghargaan dari Pemerintah Kota Semarang sebagai bangunan keagamaan terbaik pada Tahun 2005 yang lalu.

Yang membuat Kelenteng See Hoo Kiong unik adalah warna dinding luarnya. Dari luar, kelenteng ini tidak didominasi oleh warna merah sebagaimana kelenteng pada umumnya. Temboknya masih terhias dengan warna yang sedikit kusam dan beberapa pilar dengan warna coklat kayu. Selain itu halaman depan yang dimiliki cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan. Kelenteng ini belum pernah mengalami pemugaran sejak pertama kali didirikan.

Sebagaimana kelenteng lain, di Kelenteng See Hoo Kiong juga masih banyak pengunjung yang melakukan peribadatan. Di sini terdapat beberapa altar berdoa pada dewa. Diantaranya Dewa Jodoh, Dewa Kelahiran dan altar yang paling besar adalah Dewi Laut. Menurut A min, tuan rumah Kelenteng See Hoo Kiong adalah Dewi laut sehingga memiliki altar yang lebih besar. Total ada lima altar yang dipergunakan.

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2017/01/30/klenteng-see-hoo-kiong-satu-satunya-kelenteng-di-semarang-yang-masih-pertahankan-bangunan-asli
Comments
Loading...