Klenteng Po An Kiong Kalimantan Selatan

0 161

Lokasi Klenteng Po An Kiong

Klenteng Po An Kiong terletak di Jalan Niaga Timur nomor 45, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Klenteng Po An Kiong

Klenteng ini diperkirakan dibangun pada 1898 masehi. Klenteng ini konon tergolong unik dan dianggap keramat oleh sebagian kalangan keturunan Tionghoa di Banjarmasin. Uniknya bukan dari segi bangunannya, namun secara kekeramatannya itu. Klenteng ini konon pernah dituruni dewa untuk melindungi tempat tersebut. Kejadian itu terjadi pada 23 Mei 1997 silam.

Di waktu-waktu tertentu, klenteng ini kerap dikunjungi penganut kepercayaannya untuk berdoa atau menggelar ritual keagamaan besar. Namun sayangnya, klenteng kecil ini terhimpit bangunan-bangunan pasar di sekelilingnya. Jalan di sekitarnya sempit dan dipenuhi kendaraan serta toko-toko. Kawasan ini selalu sibuk, penuh dengan aktifitas perniagaan.

Memasuki klenteng ini, ada bagian atapnya di tengah yang terbuka dan pintunya ada beberapa buah sehingga sirkulasi udara cukup bagus. Begitu memasukinya, aroma khas hio atau dupa merah khas Cina terasa sekali. Di beberapa sudutnya, ada lilin-lilin merah besar dan kecil. Ada juga meja untuk meletakkan sesaji berupa buah di depan patung-patung dewanya.

Source http://banjarmasin.tribunnews.com/ http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/09/02/sesosok-dewa-dari-langit-turun-ke-kelenteng-po-an-kiong?page=4
Comments
Loading...