Klenteng Pho An Thian Pekalongan

0 187

Lokasi Klenteng Pho An Thian

Klenteng Pho An Thian terletak di Jalan Blimbing No. 3, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah Klenteng Pho An Thian

Nama Klenteng masyarakat Tionghoa Pekalongan tersebut adalah Klenteng Pho An Thian. Nama Pho An Thian berasal dari bahasa Hokkian atau Bao An Dian dalam bahasa Mandarin yang berarti “ Istana Mustika Keselamatan ” dengan makna sebagai tempat ibadah yang memberikan perlindungan dan keselamatan bagi umatnya. Klenteng ini sudah menjadi salah satu bangunan bersejarah dalam peradaban yang ada di Pekalongan.

Klenteng Pho An Thian ini diperkirakan berdiri sejak 1882 atau tanggal 15 bulan 5 Imlek. Tidak diketahui secara pasti siapa penggagas pendiri dari Klenteng Pho An Thian ini. Tetapi menurut cerita dari sebagian masyarakat sekitar, pendiri Klenteng ini adalah leluhur dari keluarga bermarga “Touw“.

Menurut cerita, pilar Naga yang ada di Klenteng Pho An Thian berasal dari 2 pilar rumah keluarga Touw. Anjuran dari ahli Feng Sui Tiongkok, menurutnya, pilar Naga ini hanya cocok digunakan di bangunan Klenteng saja. Maka salah satu pilarnya digunakan untuk membangun Klenteng tersebut. Pilar Naga ini khusus dipesan langsung dari seorang arsitek dan ahli seni ukir Tiongkok.

Bangunan Klenteng Pho An Thian

Klenteng Pho An Thian (bagian dalam)

Pembangunan Klenteng Pho An Thian ini pada awalnya berupa bangunan utama saja. Bangunan ini hanya berbentuk segi empat dengan 3 pintu masuk dan 2 pintu samping. Didepan pintu masuk terdapat patung 2 ekor Singa penjaga (Bao Gu Shi), dan pada bagian belakang terdapat pelataran dengan 2 buah tiang peyangga dari kayu berukiran Naga dan 8 Dewa.

Pada tahun 1995, Klenteng Pho An Thian menambah pemujaan Cap Pwee Lo Han sumbangan dari Singapura yang sudah diberkati oleh Bhikhu Uttamo dari Blittar. Oleh pengurus, arca pemujaan ini ditempatkan di sisi sebelah kanan Koan Im untuk menggantikan, tempat untuk pemujaan foto seorang Lama (pemimpin agama Budha) dari Tibet.

Pada tahun 1999, Klenteng Pho An Thian, merestorasi cat dan ornamen-ornamen yang sudah rusak serta membuat duplikat 3 buah Joli dan tandu (Kio). Joli tersebut selesai dibuat pada akhir tahun 2000 dan pertama kali digunakan untuk acara kirab.

Kemudian pada tahun 2000an, pengurus Klenteng membeli 2 buah bangunan di sebelah barat untuk perluasan Klenteng dan difungsikan untuk Parkir dan kantor sekretariat Yayasan.

Source Klenteng Pho An Thian Pekalongan
Comments
Loading...