Klenteng Pan Ko Bio Bogor

0 53

Lokasi Klenteng Pan Ko Bio

Klenteng Pan Kho Bio terletak di Jalan Roda IV No. 18 RT. 02 RW.04 Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi klenteng ini berada di sebuah jalan yang kecil, dan berada di tengah kampung, sehingga menyebabkan kurangnya umat yang datang ke klenteng tersebut dan lebih memilih menuju ke Klenteng Hok Tek Bio.

Klenteng Pan Ko Bio

Sesuai dengan inskripsi yang ditemukan, bangunan klenteng ini diperkirakan dibangun pada tahun 1883. Awalnya, masih berupa bangunan yang sangat sederhana namun seiring perjalanan sang waktu, klenteng ini mengalami beberapa renovasi sehingga bentuknya kini tidak seperti bangunan klenteng pada umumnya.

Klenteng Pan Kho Bio memiliki denah persegi empat dengan luas bangunan 400 m² di atas lahan seluas 500 m². Seperti bangunan klenteng pada umumnya, klenteng ini didominasi oleh warna merah dan kuning pada bagian jendela dan warna cat dinding. Klenteng ini semula merupakan tempat peribadatan bagi umat Kong Hu Chu kemudian berkembang menjadi Tri Dharma yang terdiri atas Kong Hu Chu, Tao maupun Buddha. Akan tetapi, ketika masa pemerintahan Orde Baru (Orba) klenteng ini berubah nama menjadi Vihara Maha Brahma. Hal ini dimaksudkan untuk kamuflase agar klenteng ini tetap diakui.

Klenteng ini juga telah mengalami akulturasi budaya dengan budaya lokal yang menjadi keunikan klenteng ini bila dibandingkan dengan klenteng yang lainnya. Di dalam klenteng ini juga terdapat situs purbakala yang berasal dari zaman megalitikum dan zaman klasik berupa batu besar yang masih dipuja lengkap dengan sesajian oleh masyarakat setempat.

Source Klenteng Pan Ko Bio Jawa Barat
Comments
Loading...