Klenteng Hok Tek Jambi

0 155

Lokasi Klenteng Hok Tek

Kelenteng Siu San Teng atau Kelenteng Hok Tek yang terletak di Jl Husni Thamrin, Jembatan Sungai Maram, Kelurahan Orang Kayo Hitam, Jambi.

Klenteng Hok Tek

Usia bangunan Klenteng Hok Tek ini terlihat pada sebuah papan nama yang bertuliskan 154 tahun yang lalu. Pada sisi lain dari papan tersebut, tertera penjelasan mengenai seorang yang telah memberikan sumbangan ketika berkunjung ke klenteng pada tahun 2489 Imlek (1838 M). Bangunan Klenteng Hok Tek menghadap timur laut, sebagaimana tercermin dari altar yang ada di dalam bangunan.

Seperti klenteng pada umumnya, bentuk atap ruang depan bangunan berjurai dan pelana (hsuan shan), sedangkan ruang utama dan samping atapnya berbentuk pelana dengan dinding tembok (ngang shan). Kedua bubungannya membentuk symbol naga bermahkota bertanduk dan bertaring. Pada dinding kiri-kanan atas pintu masuk terdapat mural yang menggambarkan kisah Sam Kok dan seorang seorang ibu yang menyelamatkan bayinya dari serangan perusuh jalanan.

Klenteng Hok Tek telah mengalami renovasi, tercatat pada tahun 1931 dan 1970. Sejak tanggal 4 Februari 1984 klenteng ini sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat ritual, namun keberadaannya tetap dilestarikan dan tahun 1997 dilakukan renovasi dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Jika melongok ke dalam kelenteng, sekilas tidak ada yang istimewa sama sekali. Bahkan, kelenteng yang hanya berukuran sekitar 8×6 m tersebut, saat ini tidak berpenghuni. Juga tidak ada perlakuan istimewa baginya. Tidak ada kegiatan sama sekali atau pihak tertentu yang menjaga kelenteng agar terlihat terpelihara dengan baik. Kelenteng kini kosong, padahal ini merupakan salah satu cagar budaya yang harusnya dipelihara dengan baik.

Source Klenteng Hok Tek Jambi Jambi
Comments
Loading...