Klenteng Hok Keng Tong Cirebon

0 306

Lokasi Hok Keng Tong

Terletak di lingkungan  Pasar Kue Weru dan pemukiman penduduk, termasuk dalam wilayah Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Klenteng Hok Keng Tong

Kelenteng Hok Keng Tong disebut juga Vihara Dharma Sukha, Klenteng ini dibangun pada jamannya Kaisar Cien Long di Tiongkok. Kaisar itu berkuasa pada tahun 1300 hingga 1400 awal, Bangunan kelenteng ini menghadap ke jalanan dan pasar. Bangunan berdiri di atas lahan seluas 760 m2. Pintu masuknya di sebelah selatan. Secara keseluruhan bangunan kelenteng dikelilingi pagar tembok. Di dalam ruang utama bagian depan terdapat dua meja altar. Meja yang depan terdapat dua tulisan Cina, dua tempat lilin, dan tempat abu dari kuningan. Meja altar yang lain dibelakangnya diletakkan senjata-senjata, tempat abu dari bunga, dan dua tempat lilin.

Ruang utama di bagian belakang yang merupakan ruang suci utama sebagai tempat patung dewa-dewa utama yang terbuat dari kayu, terbagi menjadi tiga bagian. Patung dewa utama yang diletakkan di ruang tengah yaitu dewa Hok Tek Ceng Sin (dewa bumi), di sebelah timurnya yaitu dewa Kwan Kwong, dan di sebelah baratnya yaitu dewa Kwan Im. Di sebelah kanan (sebelah timur) terdapat bangunan baru terdiri atas ruangan-ruangan. Urutan-urutan dari depan yaitu,dapur,rumah penjaga, altar Budha, dan kantor.
Menurut informasi, bangunan ini merupakan pindahan dari arah belakang (utara) yang berjarak ± 500 m dari tempat sekarang ini. Pindahan ini telah dilakukan sejak 600 tahun lalu. Pemugaran telah dilaksanakan sejak dipindahkan kearah utara (tempat sekarang). Selanjutnya tahun 1989 genting diganti, sedangkan kayu-kayu pendukung atap tidak diganti (masih asli). Lantainya yang semula dari tanah, diganti menjadi keramik. Kondisi ini masih terawat dan dikelola oleh pengurus yayasan.
Source Klenteng Hok Keng Tong Cirebon Cirebon
Comments
Loading...