Klenteng Guang De Miao

0 76

Klenteng Guang De Miao

Awalnya, klenteng ini bernama Guang De. Didirikan pada 1915, setelah imigran warga Tionghoa ke Balikpapan pada awal abad-19. Para imigran itu bekeja sebagai buruh kontrak di perusahaan minyak, Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM).

Nama Guang De Miao berasal dari daerah asal para imigran, yakni Guang Dong. Sedangkan De merupakan singkatan dari Dao De, yang memiliki arti: moral. Masyarakat sekitar mengenal klenteng ini dengan Ta Pe Kong yang berasal dari kata Da Bo Gong.

Dalam kepercayaan Tiongkok, Da Bo Gong adalah orang yang memiliki kelebihan sehingga mampu menyampaikan pesan lewat mimpi. Da Bo Gong atai Ta Pe Kong yang dipercaya orang-orang Tiongkok di Balikpapan adalah sosok Chen Bao Lin. Ia adalah imigran pertama dari Provinsi Guang Dong, Kota Tai Shan.

Pada 1941, klenteng ini hancur dibom oleh pesawat tempur Jepang. Ia dibangun kembali setelah masa Perang Dunia II usai. Pada 1953, perkumpulan Guang Zhao Hui secara resmi mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk menguasai lahan tersebut sebagai tempat ibadah.

Waktu paling pas mengunjungi klenteng ini adalah pada saat perayaan hari-hari besar China. Jika Anda datang saat perayaan Imlek, suasana klenteng amat meriah. Selain upacara keagamaan, kita bisa menyaksikan kesenian barongsai.

Source http://godiscover.co.id http://godiscover.co.id/index.php/2016/03/24/5-wisata-religi-di-balikpapan/
Comments
Loading...