situsbudaya.id

Klenteng Chen Fu Zhen Ren Bali

0 14

Lokasi Klenteng Chen Fu Zhen Ren

Klenteng Chen Fu Zhen Ren terletak di Dusun Pabean, Desa Kampung Tinggi, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Klenteng Chen Fu Zhen Ren

Klenteng Chen Fu Zhen Ren dibangun pada tahun 1873 Masehi yang merupakan tempat pemujaan umat Tri Dharma (Budha, Konghucu, dan Tao). Bangunan klenteng memiliki ciri khas bangunan Tionghoa berwana merah dan emas yang memiliki arti kebahagaian dan umur panjang.

Pada tahun 2004 telah dilakukan inventarisasi pada bangunan tersebut dengan nomer inventaris 2/14-08/TB/2, sampai saat ini bangunan masih dalam keadaan utuh dan terawat yang dimana dilakukan oleh penganut Tri Dharma di Kabupaten Buleleng. Klenteng berada dipinggir sungai dan menghadap ke laut (utara). Pada bagian depan dan bagian dalam bangunan utama terdapat mural (lukisan dinding) yang menceritakan kisah-kisah Tradisional Tionghoa, dimulai sejak awal penciptaan manusia, zaman prasejarah, ditemukannya agama Tao, zaman keemasan kekaisaran Tioinghoa (kisah tiga negara), sampai dengan kisah-kisah pahlawan Tradisional Tionghoa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2015/08/12/klenteng-chen-fu-zhen-ren-3/
Comments
Loading...