Klenteng Ban Hin Kiong Manado

0 77

Klenteng Ban Hin Kiong

Klenteng Ban Hin Kiong merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Sulawesi Utara. Klenteng di Manado ini sekarang umurnya hampir mencapai 200 tahun, hal ini berdasarkan kelahiran kelenteng ini yang secara resmi dicatat pada tahun 1819. Namun konon katanya umur klenteng yang sesungguhnya sudah lebih dari 200 tahun. Menuju bangunan klenteng dari gapura klenteng terlihat bangunan klenteng yang sangat khas dengan dominasi warna merah dilengkapi dengan patung atau ornament binatang yang memiliki arti tertentu, seperti naga yang terlihat pada kedua tiang besar penyangga di depan pintu masuk utama seperti menujukan kekuatan dan kegagahan yang dimiliki seekor naga dengan kebijaksanaannya seperti presepsi peradaban timur termasuk masyarakat Tionghoa.

Memasuki gedung utama akan ditemukan tempat sembhayang bagi umat Konghucu, terlihat beberapa dupa, lilin, dan lampion yang sepertinya wajib ditemukan dalam kultur Tionghoa, yang sering kita nikmati saat imlek. Juga digedung ini juga dilengkapi patung-patung dalam Tri dharma, yaitu LaoTze, Buddha dan Kong Hu Cu.

Source https://dolandolen.com https://dolandolen.com/ternyata-manado-menyimpan-sejuta-kisah-berikut-8-bangunan-bersejarah-di-manado-yang-melegenda/
Comments
Loading...