Kimia Farma di Sudut Jalan Braga-Asia Afrika

0 30

Kimia Farma

Apotek ini yang merupakan cagar budaya yan dibangun pada 1902. Namun hingga kini belum diketahui siapa arsiteknya. Perusahaan farmasi sang pemilik apotek adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia. Awalnya bernama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Perusahaan ini didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada 1817.

Dalam blog sepanjangjk.wordpress.com disebutkan pendirian NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. tidak terlepas dari usaha Frans Wilhem Junghuhn yang mulai memperkenalkan kulit kina saat itu. Dokter dan peneliti berkebangsaan Jerman yang bertugas di Hindia Belanda ini mengembangkan kulit kina yang ampuh untuk mencegah penyakit malaria di Pulau Jawa.

Pada 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma. Pada 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Pada 4 Juli 2001, perusahaan ini mengubah statusnya menjadi perusahaan publik, PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Perusahaan ini memiliki anak perusahaan yang salah satunya adalah PT. Kimia Farma Apotek. PT ini adalah perusahaan yang mengelola apotek-apotek milik perusahaan. Apotek-apotek tersebut untuk meningkatkan dan memperbesar penjualan konsolidasi PT. Kimia Farma Tbk.

Source https://www.serbabandung.com https://www.serbabandung.com/gedung-kimia-farma-asia-afrika/
Comments
Loading...