Kherkoff Peucut Banda Aceh

0 262

Lokasi Kherkoff Peucut Banda Aceh

Kerkoff Peucut terletak di belakang Museum Tsunami, Banda Aceh.

Kherkoff Peucut Banda Aceh

Nama Kerkoff secara harfiah bermakna halaman gereja atau kuburan. Sementara Peutjut merupakan nama panggilan putra mahkota Sultan Iskandar Muda yang meninggal setelah dihukum rajam oleh ayahnya karena melanggar hukum kerajaan kala itu. Namanya Meurah Pupok. Ia dimakamkan di sana sekitar 300 tahun sebelum Belanda membuat kuburan untuk serdadu mereka.

Dalam komplek Kerkoff, bukan hanya serdadu dari Belanda yang dikuburkan di sana. Tapi juga terdapat sejumlah penduduk pribumi yang diyakini direkrut sebagai tentara Marsose dan pasukan KNIL untuk dikirim melawan Aceh. Mereka di antaranya berasal dari Ambon, Manado dan Jawa. Hal itu terlihat jelas dari sejumlah nama yang tertera di dinding komplek Kerkoff.

Kerkoff Peucut bukan saja sebagai bukti kepahlawanan masyarakat Aceh melawan penjajah. Tapi juga sebagai bukti nyata keadilan Sultan Iskandar Muda dalam menjunjung tinggi hukum di masa pemerintahannya. Kini, komplek Kerkoff Peucut sudah menjadi salah satu tempat wisata di Kota Banda Aceh.
Seorang sejarawan Aceh, Rusdi Sufi, mengatakan, Belanda mulai menyerang Aceh pada 1873-1904 setelah penduduk tanah Rencong menolak bergabung dengan Hindia Belanda (kini Indonesia). Saat itu, hampir seluruh wilayah di Nusantara sudah dikuasai oleh Belanda. Aceh yang merupakan daerah berdaulat menolak ajakan Belanda.

Selama bertahun-tahun setelah Belanda keluar dari Aceh, Kerkoff tak ada yang mengurus. Suasana kuburan terlihat kotor karena tak ada yang merawat. Baru pada 1976 datang JHJ Brendgen, seorang kolonel Marsose untuk melihat langsung kondisi makam militer tersebut. Melihat kondisi yang memprihatinkan, Brendgen, kemudian berinisiatif untuk membuat sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Dana Peutjut (Stichting Peutjut – Fonds).

Source Kherkoff Peucut Banda Aceh Aceh Besar
Comments
Loading...