Kertha Gosa Bali

0 325

Lokasi Kertha Gosa Bali

Kerta Gosa salah satu objek wisata yang terletak di tengah – tengah Kota Kabupaten Klungkung, Bali, kira-kira 40 km ke arah timur dari Denpasar. dengan melintasi by pass Prof Dr Ida Bagus Mantra. Lokasinya tepat di depan Kantor Bupati Kabupaten Klungkung.

Kertha Gosa Bali

Tidak ada bukti tertulis yang menyebutkan secara pasti kapan Kerta Gosa ini dibangun, akan tetapi dari Candra Sangkala (penulisan berdasarkan dauh waktu) yang terpahat pada pintu masuk utama bangunan ini yang berbunyi “Cakra-Yuyu-Paksi-Paksi yang bila diterjemahkan akan menjadi deretan angka “1-6-2-2” maka dapat disimpulkan bahwa Kerta Gosa ini dibangun pada tahun 1622 Caka atau sekitar tahun 1700 Masehi. Pada awalnya Kerta Gosa merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat mengadakan rapat kerajaan untuk membahas tentang kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Klungkung. Sesuai dengan arti dari nama Kerta Gosa, kerta artinya kesejahteraan atau kemakmuran dan Gosa artinya diskusi/ tempat diskusi. Akan tetapi setelah Belanda berhasil menaklukkan kerajaan Klungkung pada perang Puputan (perang sampai titik darah penghabisan) yang terjadi pada tanggal 28 April 1908 Kerta Gosa kemudian beralih fungsi menjadi tempat peradilan. Semua bentuk perkara baik perkara kerajaan ataupun perkara adat disidangkan dan diputuskan disini.

Keunikan Kertha Gosa

Hal utama yang menjadi daya tarik Kerta Gosa adalah arsitektur bangunan yang mencirikan arsitektur khas Bali abad 17. Keindahan arsitektur terutama terlihat pada bangunan Bale Kambang, yang dikelilingi kolam yang disebut Taman Gili. Karena terdapat kolam mengelilingi Bale Kambang, maka untuk dapat memasukai area bangunan Bale Kambang, pengunjung akan melewati jembatan dari batu-bata.

Keunikan dari bangunan Bale Kambang dan Bale Kertha Gosa, ada pada langit – langit atap bangunan. Pada langi-langit atap bangunan terdapat lukisan Wayang yang mengambarkan kasus yang disidangkan, serta jenis hukuman yang akan diterima, jika melakukan kesalahan.

Disamping itu, lukisan Wayang tersebut juga menceritakan hukum Karma Pahala. Hukum sebab akibat dari baik buruknya perbuatan manusia, yang dilakukan selama hidupnya. Serta lukisan Wayang juga menggambarkan penjelmaan kembali manusia ke dunia untuk menebus dosa dari perbuatannya (reinkarnasi).

Lukisan Wayang yang terdapat di langit – langit atap Bale Kertha Gosa, serta Bale Kambang adalah contoh dari keunikan dan ciri khas lukisan Wayang Desa Kamasan, Klungkung.

Selain kedua bangunan tersebut, di kawasan Kertha Gosa, tepatnya di areal barat, terdapat sebuah museum yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Museum ini menyimpan benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung, dan benda yang digunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali pada jaman dulu.

 

 

Source Kertha Gosa Bali Bali
Comments
Loading...