Kerkhof Purworejo

0 95

Lokasi Kerkhof Purworejo

Makam ini terletak di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo RT. 03 RW. 07 Kelurahan Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Kerkhof Purworejo

Makam Belanda ini, konon diresmikan pada tahun 1850 dengan diberi nama Het Kerkhof van Poerworedjo, yang memiliki lahan seluas 1,78 hektar. Seperti kerkhof lainnya, umumnya sebelum memasuki areal pemakaman terlebih dahulu akan dijumpai pintu gerbang masuk ke kompleks pemakaman. Pintu gerbang masuk Kerkhof Purworejo ini memiliki warna khas yang didominasi oleh warna kuning dan merah. Pintu gerban ini masih dalam bentuk aslinya, dan di bawah gevel gerbang tertulis ‘Memento Mori’ (Ingatlah akan kematian). Cuplikan kalimat dari bahasa Latin ini umumnya memang ditulis di atas makam Belanda. Hal ini untuk mengingatkan manusia bahwa semua manusia juga akan mati seperti yang ada di dalam makam, sehingga sudah sepantasnyalah manusia disuruh ingat akan kematinnya. Kata-kata ini selaras dengan judul novelnya Far Choinice, Memento Mori: Ingat Matimu.

Kemudian tulisan di bawah Memento Mori masih terdapat tulisan lagi, yaitu Makam Kerkhope. Sebuah bentuk kesalahkaprahan yang dipasang di pintu gerbang tersebut, baik tulisan maupun maknanya. Secara etimologi, kata makam berarti kuburan. Kubur sendiri berasal dari bahasa Arab, yang berarti memendam, melupakan, memasukkan, mengebumikan. Sedangkan, maksud dari tulisan kerkhope itu sebenarnya menunjuk pada kata dalam bahasa Belanda, kerkhof, yang artinya juga makam atau kuburan. Kalau kata makam bersanding dengan kata kerkhope, yang terjadi adalah kesalahkaprahan saja. Untuk penamaan sebuah kuburan atau makam yang ada di Jawa, umumnya dimulai dengan kata makam kemudian diikuti oleh nama daerah. Jadi, untuk kuburan Belanda yang ada di Purworejo ini nama sebenarnya adalah Het Kerkhof van Poerworedjo, tapi kalau mau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bisa ditulis ‘Makam Belanda Purworejo’ atau ‘Kerkop Purworejo’.

Source Kerkhof Purworejo Jawa Tengah
Comments
Loading...