Keraton Macan Putih Banyuwangi

0 390

Lokasi Keraton Macan Putih

Keraton Macan Putih terletak di Macanputih, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461.

Keraton Macan Putih

Keraton Macan Putih didirikan oleh Prabu Tawang Alun setelah mendapat petunjuk dalam pertapaannya di desa Bayu. Lama mendirikan keraton Macan Putih adalah 5 (lima) tahun 10 (sepuluh) bulan dan kemudian beliau menjadi Pangeran Macan Putih dari tahun 1655 – 1685. 

Bangunan Keraton mungkin tidak sama dengan apa yang kita fikirkan selama ini. Mungkin kita akan berfikir bahwa situs keraton Macan Putih itu berupa bangunan klasik dengan reruntuhannya yang artistik namun ternyata tidak demikian adanya. Keraton Macan Putih lebih mirip sebuah pendopo tempat berkumpulnya para petinggi kerajaan dengan mahkota di tengahnya dengan lantai keramik modern yang bersih dan mengkilap.

Ada yang unik jika kita bertanya tentang sejarah Petilasan Terakhir Prabu Tawang Alun ini pada penduduk sekitar. Sebagian orang percaya bahwa bahwa hingga saat ini Prabu Tawang Alun belumlah wafat melainkan telah mencapai tahap “Manunggaling Kawulo lan Gusti” atau disebut “Muksa” yang berarti meleburnya suasana bathin dengan Tuhan ibarat leburnya gula dan air, menyatunya api dan besi, yang di antara keduanya bisa dibedakan, tetapi tidak bisa lagi dipisahkan. Ketika besi telah menjadi merah karena dibakar api, besi dan api telah menyatu. Siapa menyentuh api, akan terkena besi dan siapa yang memegang besi akan tersentuh api dan tahapan itu dicapai di keraton Macan Putih yang ditandai dengan situs Batu Mahkota Prabu Tawang Alun di tengah bangunan utama keraton Macan Putih.

Source Keraton Macan Putih Banyuwangi Jawa Timur
Comments
Loading...