Kerajaan Wijayapura Kalimantan Barat

0 640

Lokasi Kerajaan Wijayapura

Kerajaan Wijayapura terletak di sekitar Sungai Rejang, Kalimantan Barat.

Kerajaan Wijayapura

Kerajaan Wijayapura adalah kerajaan yang berdiri pada abad ke-7 di Kalimantan Barat dan terletak di sekitar Sungai Rejang. Dugaan telah ada kerajaan yang berdiri pada sekitar abad ke-6 atau 7 di Kalimantan Barat ini karena ditemukannya benda-benda kuno bercorak Hindu seperti patung atau gerabah.

Kerajaan Wijayapura sebenarnya merupakan koloni dari Kerajaan Bakulapura, kemudian menjadi koloni dari Kerajaan Tanjungpura, yaitu Kerajaan bawahan Majapahit di Pulau Kalimantan. Di dalam Pupuh XIII dan XIV dari kitab Negarakertagama disebutkan bahwa Kerajaan Majapahit menguasai hampir seluruh Nusantara tak terkecuali kerajaan-kerajaan di Pulau Kalimantan.

Setelah menaklukkan kerajaan-kerajaan di Kalimantan dengan kekuatan militer, Majapahit juga menyebarkan agama Hindu dan Budha di tanah jajahannya. Tetapi tidak terdapat jejak peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit pada masa itu seperti candi atau arca. Bisa jadi karena tipe tanah di Kalimantan yang berawa dan berlumpur sehingga bangunan candi akan mudah terkikis oleh lumpur.

Ada riwayat yang menyebutkan bahwa patung-patung sesembahan dibuat dari emas. Terbukti dengan ditemukannya sembilan arca Hindu dan Budha dari emas di daerah Sambas. Sayangnya artefak itu disimpan di British Museum London.

Source http://inibangsaku.com/ http://inibangsaku.com/kerajaan-wijayapurakerajaan-sambas-kuno-jejak-majapahit/
Comments
Loading...