Kerajaan Kanjuruan Jawa Timur

0 248

Kerajaan Kanjuruan Jawa Timur

Kerajaan  yang berasal dari Jawa timur tepatnya  berada di dekat Kota Malang,yang berdirinya sekitar pada abad ke 8 masehi yang juga termasuk atau berbarengan pada zaman kerajaan tarumanegara.Prasasti binoyo yang juga merupakan bentuk tertulis yang dapat di jadikan bukti adanya kerajaan ini.Candi warung dan candi badut merupakan salah satu peninggalan kerajaan tersebut.

Suatu wilayah yang luas di sebut dengan watak yang memiliki desa yang banyak. Bisa di sebut juga bila di zaman sekarang yaitu dengan kabupaten. Sehingga di desa-desa yang ada di gunung kawi berada di bawah dari watak ini.Terdapat pula prasasti yang tertulis di kerajaan ini yaitu di antaranya daerah tugaran yang ada di lesan puro,daerah kebalon yang sekarang dukuh kebalon cemarakandung, di daerah bunulrejo pada zaman kerajaan kanaruhan dan juga yang ada di daerah malang seperti karuman ,merjosari ,dinoyo dan lain sebagainya.

Tahun 847 Masehi, yang ada di Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah diperintah oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan Dyah Saladu. Adil dan bijaksana merupakan watak dari raja yang satu ini. Pemerintahan Kerajaan Mataram berkembang pesat, Ia disegani oleh raja-raja lain diseluruh Pulau Jawa. Keinginan untuk memperluas wilayah Kerajaan Mataram Kuno selalu terlaksana, baik penaklukan maupun persahabatan. Dan pada Kerajaan Mataram Kuno terkenal di seluruh Nusantara, bahkan sampai ke mancanegara. Kekuasaan wilayahnya luas, kekuasaannya besar, tentaranya kuat, dan penduduknya sangat banyak dan kemakmuran bagi rakyatya.

Kerajaan Kanjuruhan pada zaman itu praktis di bawah kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno. Meskipun demikian Kerajaan Kanjuruhan tetap memerintah di daerahnya. Setiap tahun harus melapor ke pemerintahan pusat. Di dalam struktur pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno zaman Raja Balitung, raja Kerajaan Kanjuruhan lebih dikenal dengan sebutan Rakryan Kanuruhan, dengan makna penguasa daerah di Kanuruhan. Kanuruhan sendiri rupa-rupanya perubahan bunyi dari Kanjuruhan. Maka kekuasaan seorang raja daerah tidak seluas ketika menjadi kerajaan yang berdiri sendiri seperti ketika didirikan oleh nenek moyangnya dulu.

Source Kerajaan Kanjuruan Jawa Timur Kerajaan Kanjuruan Jawa Timur
Comments
Loading...