Kerajaan Kalingga Kecamatan Keling

0 160

Kerajaan Kalingga Kecamatan Keling

Kerajaan  ini merupakan kerajaan yang ada pada waktu zaman dahulu yang berlokasikan di  Jawa Tengah tepatnya di kecamatan Keling sebelah utara Gunung Muria. Kerajaan ini menganut ajaran agama  Hindu dan Budha sedangkan bahasa yand digunakan ialah Melayu Kuno Sansekerta.

Nama asal dari kerajaan ini yaitu  Kalingga, yang merupan kerajaan  India Selatan, tetapi orang India yang mendirikan kerajaan ini melarikan diri yang disebabkan oleh hancuran oleh Maharaga Asoka, Sekitar abad 6 dan  ke 7 merupakan pendirian dari kerajaan tersebut. Yang menjadi penguasa di Kerajaan Kalingga ini  yaitu  Ratu Sima ia adalah pemimpin yang taat dan tegas,ia memerintah Kerajaan Kalingga  sekitar tahun 674 hingga ke 732 masehi.

Kerajaan Kalingga merupakan daerah penghasil kulit penyu, emas, perak,dan gading gajah untuk dijual. Penduduk kalingga dikenal pandai membuat minuman dari bunga kelapa dan bunga aren.

Kerajan Kalingga mayoritas masyarakatnya yaitu pedagang dan petani. Kepemimpinan dari Ratu Sima menjadi masa keemasan bagi kerajaan kalingga sehingga membuat raja-raja dari kerajaan lain segan, hormat, kagum, sekaligus penasaran. Kerajaan kalingga mengalami kemunduran kemungkinan akibat serangan sriwijaya yang menguasai perdagangan pedalaman jawa bagian tengah  maka mengalami kemunduran antara tahun 742-755 M. Adapun yang di jadikan peninggalan di kerajaan ini yaitu misalnya prasasti tumas,prasasti sojometo,dan peninggalan yang lainnya.

Source Kerajaan Kalingga Kecamatan Keling Kerajaan Kalingga Kecamatan Keling
Comments
Loading...