Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan

0 302

Lokasi Kerajaan Gowa

Kerajaan Gowa terletak di Sungguminasa, Somba Opu, Gowa, Sulawesi Selatan.

Sewjarah Kerajaan Gowa

Sejarah terbentuknya kerajaan gowa diperkirakan terbentuk disekitar abad ke-13. Hingga saat ini belum ada pendapat jelas dan bukti secara empirik mengenai asal-usul nama “Gowa”. Kata Gowa sendiri tidak pernah dijelaskan dalam “Lontara Bilang” namun pendapat yang paling dekat dan paling masuk akal mengenai asal kata Gowa adalah “Goari”. Bentuk penambahan huruf W ada berasal dari bunyi Gowa.
Goari secara harfiah memiliki arti kamar atau bilik. Pendapat ini kemudian di dukung oleh Prof Mattulada yang menerangkan bahwa kata bilik yang dimaksud sebagai Goari adalah sebauah tempat berkumpul. Tempat ini selanjutnya dijadikan tempat untuk berkempul setiap kali terdapat suatu masalah jadi bisa diartika sebagai tempat berhimpun atau bersatu.
Sebuah pendapat yang dikeluarkan oleh salah satu keturunan Raja Gowa yakni Andi Ijo, kata Gowa berasal dari “Gua”, bukan dari kata betawi tetapi merujuk pada sebuah lubang dalam tanah, namun pendapat ini masih diragukan mengingat bahasa kata Gua adalah bahasa Melayu dan apakah penggunaan bahasa Melayu lebih dulu ada atau kerajaan Gowa yang lebih dulu ada hal ini belum terbukti secara empirik. Fakta lain gua dalam bahasa Makassar juga dikenal dengan sebutan “Kalibbong” sehingga masih kurang dasar untuk menjadikan kata Gowa merujuk pada kata Gua.
Kerajaan atau Kesultanan Gowa pada saat ini sudah tidak berdiri sebagai bentuk kerajaan sejak Raja Gowa ke 36 telah memutuskan untuk menyerahkan wilayah kekuasaan kerajaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hasil penyerahan membuat Gowa tidak lagi berbentuk kerajaan melainkan kabupaten yang dipimpin oleh seorang bupati namun sebagai bentuk pelestarian maka dibentuk dewan adat yang tetap dipimpin langsung oleh keturunan dari Raja Gowa yang terdahulu yakni Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II.
Dan pada tahun 2016 merubah namanya menjadi I Maddusila Patta Nonri Karaeng Katangka Sulta Alauddin II sesuai dengan adat Gowa yang tidak pernah dipimpin oleh seorang bergelar “Andi”. Beliau dinobatkan sebagai raja ke 37 dari Kerajaan Adat Gowa kemudian disahkan dan disaksikan oleh seluruh persatuan raja-raja adat nusantara.
Source https://www.dzargon.com/ https://www.dzargon.com/2016/01/sejarah-lengkap-kerajaan-gowa-disertai.html
Comments
Loading...