Kelenteng Tjo Soe Kong Tangerang

0 99

Lokasi Kelenteng Tjo Soe Kong

Kelenteng Tjo Soe Kong terletak di Jalan Raya Tanjung Kait, Dusun Tanjung Anom, Desa Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Tangerang, Jawa Barat.

Kelenteng Tjo Soe Kong 

Kelenteng Tjo Soe Kong, yang juga dikenal sebagai Kelenteng Tanjung Kait dan Rong Jia Yi Da Bo Gong Miao, saya kunjungi setelah dari Pantai Tanjung Kait, yang jaraknya sekitar 500 meter. Kelenteng Tjo Soe Kong memiliki halaman luas dan berada sekitar 100 m dari tepi jalan.

Bangunan Kelenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait ini tidak dibuat menghadap ke laut, yang jaraknya ke tepiannya sekitar 200 m, namun menghadap ke arah Barat. Ini agak tak lazim karena biasanya sebuah kelenteng dibuat menghadap ke laut atau memunggungi gunung. Pada atap bangunan utama Kelenteng Tjo Soe Kong ini saya tidak melihat ada patung sepasang naga yang tengah memperebutkan mustika, tidak juga burung Hong. Kelenteng ini terkesan sederhana jika dilihat dari luar.

Di bagian depan kelenteng ada pula sebuah tengara yang mewartakan pembangunan kembali kelenteng yang dimulai pada 21 Maret 1959, lengkap dengan nama-nama panitia serta inspekturnya. Ada pula hiolo Thian untuk memuja Dewa Langit di halaman depan ini, dengan ukiran kepala raksasa di kiri kanannya.

Tampak muka Kelenteng Tjo Soe Kong dengan sepasang pagoda tempat pembakaran kertas di halaman depan yang menjadi ciri kelenteng ini. Kedua pagoda berbentuk segi enam setinggi empat meter ini kabarnya masih aseli. Adanya kanopi polikarbonat pada halaman dalam, yang meskipun secara fungsional bermanfaat, tidak memperindah kelenteng namun hemat saya justru merusak ciri tradisional kelenteng tertua di Tangerang ini (seorang teman mengatakan bahwa kanopi itu sudah dibuang, sukurlah).

Source Kelenteng Tjo Soe Kong Tangerang Jawa Barat
Comments
Loading...