Kelenteng Sampo Tay Jin Tangerang

0 109

Lokasi Kelenteng Sampo Tay Jin

Kelenteng Sampo Tay Jin Masuk Gang dari Jl. Otto Iskandar Dinata Tangerang, Jawa Barat.

Kelenteng Sampo Tay Jin

Kelenteng Sampo Tay Jin Tangerang ‘ditemukan’ secara tidak sengaja ketika mata nanar yang tengah mencari-cari lokasi Kelenteng Boen San Bio tiba-tiba tertumbuk pada sebuah papan nama sebuah Kelenteng. Karena rasa ingin tahu, saya pun masuk ke dalam gang yang berada di Jl. Otto Iskandar Dinata, Tangerang, Banten.

Gang masuk ke Kelenteng Sampo Tay Jin ini agak sempit dan hanya cukup untuk satu buah mobil, dan kendaraan harus parkir di sebuah bengkel yang dipunyai oleh pemilik kelenteng, yang jaraknya hanya beberapa meter dari lokasi kelenteng. Sampo Tay Jin adalah sebutan bagi Laksamana Cheng Ho. Dilihat dari luar Kelenteng Sampo Tay Jin seperti terjepit diantara bangunan. Namun sejumlah ornamen membuat kelenteng ini tampak elok dan menonjol. Di puncak wuwungan terdapat hiasan sepasang naga hijau berebut mustika. Di bawahnya terdapat hiasan sepasang burung Hong, dan di atas gapura ada hiasan sepasang ikan berwarna keemasan.

Teras Kelenteng Sampo Tay Jin yang dihiasi ornamen naga emas indah yang melingkari pilar dan burung hong cantik di pilar yang lain, mengapit hiolo Thian (Dewa Langit) keemasan berukir naga. Hiolo Thian selalu diletakkan di depan dan biasanya dengan landasan berkaki tiga. Sepasang patung singa penjaga (Cioksay) juga terlihat menjaga pintu Kelenteng Sampo Tay Jin. Singa jantan di sebelah kiri bermain bola, dan singa betina di sisi kanan bermain dengan seekor anaknya. Dua buah lilin berukuran besar diletakkan di sebelah masing-masing singa. Seorang perempuan tengah duduk santai di sebelah kanan teras saat saya tiba. Ia rupanya anak pendiri kelenteng ini. Dengan ramah ia mempersilahkan kami masuk ke dalam kelenteng untuk melihat dan memotret altar yang ada di sana.

Source Kelenteng Sampo Tay Jin Tangerang Jawa Barat
Comments
Loading...