Kelenteng Po An Thian Pekalongan

0 57

Kelenteng Po An Thian

Nama Po An Thian (Hokkian) atau Bao An Dian (Mandarin) secara harafiah berarti “Istana Mustika Keselamatan” dan bila dijabarkan akan mengandung makna “Tempat Ibadah yang memberikan perlindungan dan keselamatan bagi umatnya”. Kelenteng ini didirikan pada tahun 1882 dan berulang tahun pada tanggal 15 bulan 5 Imlek.

Dewa Tuan Rumah dari kelenteng Po An Thian ini adalah Sin Long Tay Te / Shen Nong Da Di, yang merupakan Kaisar kedua dalam periode San Huang (tahun 2852 SM – 2737 SM). Nama kecil beliau adalah Yan Di. Pada awalnya beliau memerintah di daerah Bao Ji, di propinsi Shan Xi. Kemudian meluaskan daerahnya sampai di terusan Jiang Han dan propinsi Hu Nan. Selain sebagai Kaisar, beliau terkenal sebagai Bapak Pertanian, sebab beliau yang pertama kali menemukan cangkul, garu dan bajak. Beliau mengajarkan cara mengolah tanah dan membajak sawah, serta cara mendapatkan garam dengan menguapkan air laut. Oleh sebab itu beliau kemudian disebut Sin Long (Shen Nong), yang artinya Petani Dewa.

Sin Long Tay Te terkenal juga sebagai penemu tanaman obat. Konon beliau memiliki sebuah cambuk sakti yang apabila dipukulkan ke tanaman, maka sifat tanaman tersebut beracun atau tidak akan dapat diketahuinya. Oleh sebab itu beliau juga dianggap sebagai Dewa pengobatan.

Menurut cerita, suatu ketika saat beliau berada di Xiang Dong, beliau melihat jenis tanaman baru dan mencoba mengetahui sifatnya. Akan tetapi setelah dipukul dengan cambuknya berulang kali, sifat tanaman tersebut tetap tidak diketahuinya. Karena penasaran, beliau kemudian mencoba mencicip dan mengecapnya. Ternyata tanaman itu memiliki racun yang amat ganas dan terkenal dengan nama rumput pemotong usus (Duan Chang Cao). Beliau akhirnya tewas dalam usahanya memajukan ilmu pengobatan.

Selain sebagai dewa pertanian dan pengobatan, beliau juga dikenal sebagai pencetus konsep jual-beli / perdagangan, serta penemu tanaman teh. Hari sejit Sin Long Tay Te adalah tanggal 28 bulan 4 Imlek.

Selain Dewa Tuan Rumah, terdapat juga Dewa Utama di kelenteng Po An Thian, yakni?Tek Hay Cin Jin/ Ze Hai Zhen Ren (), yang dipercaya merupakan sahabat karib dari Bupati Pertama kota Pekalongan Bp. Tan Kwie Djan. Dewa Tek Hay Cin Jin juga dipuja di kelenteng-kelenteng Tek Hay Kiong – Tegal, Tek Hay Bio – Semarang dan Kim Tek Ie – Jakarta.

Source http://kelenteng.com http://kelenteng.com/kelenteng-po-an-thian-pekalongan/
Comments
Loading...