Klenteng Nan Jing Miao Jakarta

0 49

Lokasi Klenteng Nan Jing Miao

Klenteng Nan Jing Miao terletak di Jl. Tambora No.8, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia. 

Klenteng Nan Jing Miao

Klenteng Nan Jing Miao di Tambora DKI Jakarta Barat Jakarta ini terletak agak terpencil dan jauh dari keramaian. Aslinya, bangunan yang berada di atas lahan seluas 3.000 m2 ini adalah tempat peribadatan umat Konghucu. Namun sejak dibentuknya Dewan Vihara Indonesia (DEVI) yang diketuai Brigjen Suradji Ariakertawidjaja, tahun 1967, sebutan miao atau bio ini diubah menjadi vihara yang notabene adalah rumah ibadah umat Buddha.

Klenteng ini dibangun untuk menghormati panglima perang Kwan Kong. Seorang manusia biasa yang terkenal karena kesetiaan dan kejujurannya di masa Dinasti Ching. Jadi bisa dibilang klenteng ini adalah kelenteng-nya Kwan Kong. Memasuki bangunan klenteng yang terbagi dalam empat ruang besar. Di sisi kiri ruang tengah terdapat meja bertrap bersekat-sekat. Di tiap sekat itu tertera tulisan Tiongkok dan lampu kecil bercahaya merah, menyerupai lidah-lidah api.

Meja ini dibuat sebagai wujud ucapan terima kasih kepada setiap donatur tetap klenteng. Tulisan Tiongkok di tiap sekat itu adalah nama dari donatur tetap tersebut. Di tengah ruang terdapat dua meja altar. Di atas altar utama diletakkan patung Dewa Kwan Kong. Sedangkan di ruang belakang, tersedia juga dua altar untuk menghormati mendiang Kapitan The Liong Hui.

Penghormatan itu adalah bentuk terima kasih kepada sang kapitan yang berinisiatif membangun di tahun 1824. Karena tak punya keturunan, ia menghabiskan seluruh kekayaan untuk membangun Kelenteng Nan Jing Miao. Sedangkan pengelolaannya dipercayakan kepada Tjhung See Gan.

Source http://bumbusempurna.blogspot.co.id/ http://bumbusempurna.blogspot.co.id/2017/04/pesona-keindahan-wisata-kelenteng-nan.html
Comments
Loading...