Klenteng Li Tie Guai Jakarta

0 240

Lokasi Klenteng Li Tie Guai

Klenteng Li Tie Guai terletak di Jl. Perniagaan Raya,Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia. 

Klenteng Li Tie Guai

Klenteng Li Tie Guai di DKI Jakarta Barat Jakarta dibangun pada tahun 1812. Dibangun pada masa kacau, saat terjadi pergantian kekuasaan yang silih berganti antara Belanda dan Inggris. Pada tahun 1811, Batavia diduduki oleh Inggris dengan melepaskan beberapa tembakan meriam. Klenteng ini dulu merupakan perserikatan para ahli obat-obatan. Dewa Li Tie-guai sendiri adalah pelindung peramu obat. Sekarang klenteng ini dikunjungi sekelompok kecil pandai besi keturunan Hakka.

Nama dewa yang diawali dengan huruf xian-shi (bekas guru) menunjukkan klenteng ini pada mulanya milik persekutuan-persekutuan. Alkisah, ia dilahirkan pada masa dinasti Zhou Barat dengan nama Li Yuan. Ia belajar dari Lao Zi (pendiri Taoisme) dan dewi Xi Wangmu. Meditasi yang dilakukannya selama 40 tahun kerap membuatnya lupa makan dan tidur.

Sebagai bagian dari Delapan Dewa, Li Tie Guai disimbolkan dengan botol labu dan tongkat besi. Sebentuk asap keluar dari ujung botolnya, melambangkan hun atau jiwanya, yang tidak berbentuk, atau berbentuk miniatur dirinya.

Source http://www.teluklove.com/ http://www.teluklove.com/2017/04/pesona-keindahan-wisata-kelenteng-li.html
Comments
Loading...