Kelenteng Hok Tek Che Bangka Belitung

0 117

Lokasi Kelenteng Hok Tek Che

Kelenteng Hok Tek Che terletak di Jalan Kelenteng, Tanjungpandan, Bangka Belitung.

Kelenteng Hok Tek Che

Halaman Kelenteng Hok Tek Che ini boleh dikatakan sangat luas, lebih dari lima kali lipat luas bangunan kelenteng yang berada di pojokan Jl Kelenteng Tanjungpandan itu. Bangunan Kelenteng Hok Tek Che dibuat menghadap ke arah Selatan, arah ke Sungai Cerucuk.

Usia Kelenteng Hok Tek Che sudah tua, dibangun pada 1868, bersamaan dengan kedatangan gelombang baru orang Cina ke Belitung yang didatangkan Belanda untuk bekerja di tambang-tambang Timah, berbarengan dengan mulai berkembangnya pasar Tanjungpandan.

Papan nama Kelenteng Hok Tek Che di balik pagar di tepi jalan yang menjadi tengara bahwa kelenteng ini masuk sebagai Benda Cagar Budaya yang dilindungi. Dua buah tengara besar menempel pada dinding Kelenteng Hok Tek Che. Entah apa artinya karena ditulis dalam huruf Cina. Jika bukan ajaran agama, maka tengara di dalam kelenteng seperti ini biasanya adalah nama-nama para penyumbang dana.

Sebuah altar Kelenteng Hok Tek Che dengan dua buah patung berwarna keemasan duduk di kursi, diapit dua patung lainnya dalam posisi berdiri. Paras muka patung yang sebelah kanan mengingatkan saya pada Biksu Tong Sam Cong, sedangkan yang duduk kursi lebih rendah di sebelahnya memilik rupa agak aneh, dengan dandanan penutup rambut membulat. Di atas hok say (meja sembahyang) terdapat sebuah hiolo dengan ornamen sepasang naga, diapit dua buah hiolo lainnya yang berwarna kemerahan nyaris polos tanpa ornamen.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/kelenteng-hok-tek-che-belitung/
Comments
Loading...