Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea Bogor

0 103

Lokasi Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea

Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea terletak di JL Letnan Sukarna, Pasar Ciampea, Ciampea Bogor.

Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea

Bangunan Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea adalah yang berada di bagian tengah, sedangkan di sebelah kiri adalah gedung yang menjadi milik Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), yang pintunya tertutup rapat. Sepasang naga berebut mustika tampak berada di puncak atap kelenteng. Naga itu roman mukanya unik. Nama Kelenteng Hok Tek Bio di Ciampea ini artinya adalah rumah ibadah yang memberi rejeki dan kebajikan, terutama bagi para pedagang dan petani. Kelenteng ini menjadi tempat sembahyang bagi penganut agama Konghucu, Tao, dan juga Buddha, sehingga disebut kelenteng Tri Dharma, sebuah istilah yang muncul sejak jaman orde baru.

Tidak ada nama yang ditulis dengan huruf latin pada altar yang berada di sebelah kanan ruangan utama Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea ini. Tak jelas dewa siapa yang disembah di altar yang memiliki dua buah patung atau rupang ini. Rupang di depan berwajah merah, dengan pakaian berwarna keemasan yang terlihat mewah.

Tuan rumah Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea adalah Hok Tek Tjeng Sien atau Dewa Bumi, yang berada di sisi bagian tengah tembok ruangan. Kongco Hok Tek Ceng Sien dipercaya sebagai dewa pelindung bagi orang miskin, dan konon orang akan mudah terkabul doanya jika memohon rizki lewat perantaranaan Kongco Hok Teng Ceng Sien ini. Bagi para petani, bersembahyang di altar Hok Tek Ceng Sien akan membuat panen mereka diberkahi dengan hasil melimpah. Ternak peliharaan pun akan berkembang biak dengan baik. Bagi pedagang, pekerjaan yang lazim dilakukan oleh kaum Tionghoa perantauan, berharap usahanya berjalan lancar dan menguntungkan dengan bersembahyang di sini. Agar dikabulkan kelancaran rizkinya, orang harus berbuat kebaikan lebih dahulu sebelum berdoa di altar Dewa Bumi ini.

 

Source Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea Bogor Jawa Barat
Comments
Loading...