Kelenteng Hok Ling Bio Kudus

0 123

Lokasi Kelenteng Hok Ling Bio

Kelenteng Hok Ling Bio terletak di Jl. Madurekso No 02, Desa Langgar Dalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Kelenteng Hok Ling Bio

Dari luar, bangunan Kelenteng Hok Ling Bio Kudus tidak terlihat terlalu menonjol, lantaran meski puncak atapnya berbentuk pelana namun tak ada patung naga berebut mustika atau patung burung Hong yang biasa menghias atap kelenteng. Boleh jadi karena kelenteng ini utamanya digunakan oleh penganut agama Konghucu, meski resminya merupakan kelenteng Tri Dharma sebagaimana terlihat pada prasastinya.

Pada pilar pagar sebelah kiri terdapat lambang Tao yang disebut Tai Ji, atau Yin Yang, berbentuk lingkaran dengan lekuk putih seperti kecebong berbintik hitam dan lekuk hitam berbintik putih yang menggambarkan alam semesta serta hukum alam dan kehidupan di dalamnya. Kelenteng ini memiliki pagar lempeng besi tak tembus pandang dan tombak-tombak di atasnya yang terkesan agak kurang ramah, namun pintunya tak dikunci.

Di sisi sebelah kanan terdapat papan berisi tulisan yang berisi sejumlah larangan dan ancaman hukuman karena status kelenteng ini sebagai Benda Cagar Budaya yang dilindungi oleh undang-undang. Belakangan saya baru tahu bahwa Kelenteng Hok Ling Bio Kudus adalah salah satu kelenteng tertua di wilayah ini yaitu berdiri pada abad ke-15 dan disebut-sebut lebih tua dari Masjid Menara Kudus.

Penampakan pada ruang utama Kelenteng Hok Ling Bio Kudus dengan kain bersulam huruf Tionghoa dan figur dewa yang menutupi bagian meja altar depan. Di atas meja itu terdapat sebuah hiolo, dua buah bumbung berisi batang-batang bambu atau kayu bertulis ramalan, dan sepasang kayu berbentuk khusus yang digunakan dalam ritual Ciamsi. Setiap malam Jumat di kelenteng ini diselenggarakan ibadah bagi umat Konghucu. Ibadah di Litang biasanya dilakukan setiap tanggal 1 dan 15 Imlek, namun ada yang hari Minggu atau hari lain. Di sana ada pula pohon Dewa Daru yang oleh Jawa dipercaya memiliki kekuatan magis, namun saya tak melihatnya. Terakhir, karena tak bertemu penjaga kami pun tak bisa minum Teh Tong Ci gratis di kelenteng yang dikelola oleh Yayasan Nyoo Thiam Huk ini.

Source Kelenteng Hok Ling Bio Kudus Jawa Tengah
Comments
Loading...