Kelenteng Hok Hien Bio Kudus

0 117

Lokasi Kelenteng Hok Hien Bio

Kelenteng Hok Hien Bio terletak di Jalan Ahmad Yani No 10, Kudus, Jawa Tengah.

Kelenteng Hok Hien Bio 

Halaman Kelenteng Hok Hien Bio Kudus yang cukup luas ditutup dengan paving blok rapi. Ada sedikit tanaman perdu di sebelah kanan dan pohon tanggung agak ke belakang yang sedikit membantu pemandangan agar tak terlihat sangat gersang. Tak ada patung sepasang naga berebut mustika di puncak atap, yang lazim terlihat di banyak kelenteng seperti ini.

Tampak muka Kelenteng Hok Hien Bio Kudus dengan wuwungan datar memanjang, dan ada wuwungan kedua di belakangnya yang berbentuk pelana. Warna dominan merah dan kuning mewarnai keseluruhan penampakan luar kelenteng ini, dengan gelantungan lampion pada langit teras dan tulisan dalam huruf Tionghoa di atas ketiga pintu masuknya. Jika saja ada terjemahannya tentu akan lebih bermanfaat bagi pengunjung karena biasanya memiliki nilai filosofis yang dalam.

Pada teras pintu masuk sebelah kanan terdapat sepasang arca singa penjaga (Ciok say) terbuat dari porselen berwarna, yang jantan memegang bola dan yang betina memegang anak mereka. Di tengahnya terdapat hiolo kaki tiga untuk menancapkan batang hio setelah sembahyang kepada Thian, Dewa Langit. Di sebelah kanan terlihat tempat pembakaran kertas uang (Kim Lo) yang berbentuk labu besar.

Altar Hok Tek Ceng Sien (Dewa Bumi) di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus, dewa yang dipuja oleh para petani dan pedagang agar panen melimpah dan usaha perdagangan untung besar. Di tanah leluhurnya orang Tionghoa banyak yang bertani menanam padi, namun di negeri ini kebanyakan keturunan Tionghoa hidup dengan berdagang. Jika pun ada yang bertani, sangatlah jarang. Jika pun ada mereka hanya menjadi tuan tanah, sebagai warisan dari jaman kolonial.

Source Kelenteng Hok Hien Bio Kudus Jawa Tengah
Comments
Loading...