Kelenteng Fuk Tet Che Belitung Timur

0 83

Lokasi Kelenteng Fuk Tet Che

Kelenteng Fuk Tet Che terletak di Desa Kebon Baru, Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Kelenteng Fuk Tet Che

Tampak muka Kelenteng Fuk Tet Che dengan halaman luas, membuat bangunan kelenteng terlihat lebih kecil. Tampak sepasang pagoda pendek di bagian depan untuk membakar kertas sembahyang. Ada altar Dewa Langit di tengah teras dengan hiolo berbentuk trapesium, jejeran lampion, beberapa aksara Cina pada dinding dan di atap atas, dan satu patung Ciok say (singa) kecil di sebelah kiri teras.

Tidak ada ornamen naga pada pilar bangunan, tidak ada pula patung sepasang naga atau burung hong dan mutiara di atas atap. Terpisah di sebelah kiri depan ada sebuah altar lagi.

Pada dinding sebelah kanan Kelenteng Fuk Tet Che terdapat sebuah tengara yang berbunyi “Dengan Rakhmat Tuhan Yang Maha Esa, Pemugaran Vihara Citra Dharma, Gantung / Belitung. Diresmikan oleh: Bupati Daerah Tk II Belitung, pada tanggal 24 Januari 1986 (tanda tangan, AS Kristyanto)”

Pintu masuk Kelenteng Fuk Tet Che ini berbentuk lengkung dengan kotak hio di kusen kiri-kanannya. Lubang angin menyerupai jaring laba-laba berbentuk segi delapan. Sebuah hiolo penuh tancapan batang hio berada di depan patung singa gemuk kecil di samping bawah pintu.

Altar utama di Kelenteng Fuk Tet Che dengan patung dan lukisan Tu Ti Pak Kung (Hok Tek Ceng Sin, Dewa Bumi) menempel pada dinding kelenteng. Pada meja terdapat dua buah hiolo kecil mengapit sebuah hiolo lain yang berukuran lebih besar, ketiganya penuh tancapan batang hio yang baranya telah padam. Di sayap kiri kanan meja terdapat tempat lilin yang tinggal menyisakan lelehannya, dan di depannya masing-masing terdapat cawan kaca berisi lampu minyak dengan sumbu menyala.

Source Kelenteng Fuk Tet Che Belitung Timur Bangka Belitung
Comments
Loading...