Kelenteng Dewi Sin Mu Bangka Belitung

0 88

Lokasi Kelenteng Dewi Sin Mu

Kelenteng Dewi Sin Mu terletak di Jl. R.A. Kartini, Tj. Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung 33783.

Kelenteng Dewi Sin Mu

Klenteng Dewi Sin Mu merupakan salah satu peninggalan sejarah masa lampau yang ada di toboali. Hal ini dapat di lihat dari angka tahun yang tertulis pada lonceng yang terdapat di dalam bangunan Klenteng tersebut.

Bangunan ini terdiri atas 5 bagian yaitu ruang depan, ruang utama, halaman tengah, dapur dan kamar mandi. Pintu utama kelenteng berada di dinding barat dan dilengkapi oleh jendela disisi kiri dan kanannya. Di ruang depan kelenteng terdapat 4 buah tiang semu. Berdiameter 30cm.Di sisi timur ruang depan terdapat tangga menuju halaman tengah. Bagian ini berada lebih rendah dari ruangan-ruangan lain. Di sisi utara dan selatan halaman tengah terdapat ruangan yang berfungsi sebagai dapur (sebelah utara) dan kamar mandi (sebelah selatan). Ruang utama terletak di bagian timur bangunan.Ruang ini memiliki sebuah altar yang merupakan tempat arca Dewi Sin Mu.

Altar tersebut terletak menempel pada dinding timur. Di bagian tengah ruang utama juga terdapat meja persembahan yang merupakan tempat meletakkan buah-buahan persembahan. Di sisi barat ruang utama terdapat lonceng yang berangka tahun 1862. Di bagian depan kelenteng terdapat serambi yang memiliki 2 buah tiang yang bergaya Tuscan.Di sisi barat serambi terdapat tangga naik. Tepat di hadapan tangga naik terdapat pedupaan.

Atap Kelenteng Dewi Sin Mu berupa atap pelana dengan bagian korpus yang melengkung. Didalam bangunan klenteng juga terdapat sumur yang anehnya airnya jernih dan tidak seperti di pesisisr pantai pada umumnya. Hingga saat ini bangunan klenteng masih asli, perubahan hanya pada dasar lantai yang kini di pasangi keramik yang semula berupa Tanah liat dan pembaruan cat bangunan. Klenteng ini juga masih dipergunakan untuk aktivitas ibadah masyarakat Tionghoa di Toboali.

Source Kelenteng Dewi Sin Mu Bangka Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...