Klenteng Dewi Pengasih Palembang

0 139

Lokasi Klenteng Dewi Pengasih

Klenteng Dewi Pengasih terletak di Jalan Perikanan, Kelurahan 10 Ilir, Kecamatan Seberang Ulu 1, Kota Palembang. 

Klenteng Dewi Pengasih

Pendirian Klenteng Dewi Pengasih diketahui berdasarkan tulisan cina yang terdapat pada papan di atas pintu masuk klenteng yang menyebutkan pembangunan klenteng pada tahun 1839 M. Berdasarkan informasi, Klenteng Dewi Pengasih yang sekarang ini merupakan bangunan pengganti dari klenteng lama yang telah hancur akibat kebakaran. Peristiwa terbakarnya klenteng yang lebih tua terjadi puluhan tahun sebelum dibangun Klenteng Dewi Pengasih.

Keenteng Dewi Pengasih berada di sebelah selatan sungai Musi dan berjarak sekitar 100 meter dari sungai tersebut. Sedangkan di sebelah barat klenteng terdapat pemukiman rumah-rumah cina kuno dengan posisi berderet. Secara umum Klenteng Dewi Pengasih masih mempertahankan bentuk arsitektur cina yang kuat, seperti terlihat pada bentuk atap, pintu, dindingnya, warna-warna dominan dalam kebudayaan cina (merah) dan ornamen-ornamen dalam  mitologi cina Tampak bagian depan masih dipertahankan unsur-unsur aslinya yaitu penggunaan bahan kayu, seperti pada dinding, pintu dan altar. Bangunan klenteng ini memiliki tinggi 8,3 M dengan panjang sekitar 28 M dan 11 M.

Sebagai tempat peribadatan, Klenteng Dewi Pengasih memiliki konsep pemujaan terhadap Dewa atau Dewi dengan hirarki atau suatu pantheon tertentu. Berdasarkan informasi dari pengurus, di Klenteng Dewi Pengasih merupakan penghormatan atau pemujaan terhadap Dewi Kwan Im (Dewi utama). Di samping itu terdapat pemujaan terhadap Sakya Muni Budha, Kwan Im Fukcu Avalokitesvara, Me Lea Cuse, Thien Sang Sen Mu, Thi Kong, Boddhisatva Maitreya, Kuan Sen Ti Cin, Pau Sen Tati, Chin Hua Niang Niang, Yen Lo Thian Che, Ho Ya Kong, buyut Culong. Selain itu bagian-bagian bangunan yang masih dipertahankan kekunoannya adalah lantai tegel berwarna merah dengan gambar berbentuk segi delapan (lambang fengshui).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2015/02/20/kelenteng-dewi-pengasih-chandra-nadisoei-goeat-kiong/
Comments
Loading...