Kelenteng Damar Belitung Timur

0 84

Lokasi Kelenteng Damar

Kelenteng Damar terletak di Kecamatan Damar, Belitung Timur.

Kelenteng Damar

Kelenteng Damar memiliki bangunan yang sangat sederhana. Tampak muka Kelenteng Damar dengan sebuah altar terpisah agak jauh di depan, yang biasanya diperuntukkan untuk menyembah Dewa Langit. Ada pula sepasang pagoda untuk membakar kertas sembahyang. Jika melihat simetrinya, nampaknya bangunan asli Kelenteng Damar adalah yang ada di sebelah kanan.

Di sisi kanan patung Lao Tze ada patung wanita, sedangkan di sisi kirinya ada patung seorang pria yang memakai pakaian perang. Pada sayap kanan terdapat patung yang paras muka dan posturnya menyerupai panglima perang, mungkin Kwan Kong, sedangkan pada sayap kiri ada lagi dua patung, satu diantaranya berjanggut putih panjang. Di depan masing-masing patung terdapat hiolo-hiolo kecil.

Pada ruangan sebelah kanan di Kelenteng Damar terdapat dua buah meja sembahyang, dengan meja sebelah kiri. Tidak terlihat ada patung pada altar ini, selain tulisan menggantung pada dinding menggunakan huruf Cina. Pada bagian depan meja terdapat lukisan orang-orang dalam berbagai posisi dan ekspresi. Masing-masing orang memegang sebuah benda, seperti seruling, kipas, kebut, dan entah apa lagi.

Tampak samping depan Kelenteng Damar. Tidak pula terlihat ada patung naga atau burung hong di puncak atap Kelenteng Damar. Tidak ada juga patung naga di pintu depan, atau di bagian kelenteng lainnya. Tidak banyak patung dewa yang disimpan di Kelenteng Damar ini, dan tidak banyak pula ornamen yang menghiasnya. Bagaimana pun isi lebih penting ketimbang ornamen, dan kulit yang halus indah malah sering mengecoh.

Source Kelenteng Damar Bangka Belitung
Comments
Loading...