situsbudaya.id

Kelenteng Boen Hay Bio Tangerang

0 85

Lokasi Kelenteng Boen Hay Bio

Kelenteng Boen Hay Bio terletak di Jalan Pasar Lama Serpong, Desa Cilenggang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Jawa Barat. 

Kelenteng Boen Hay Bio

Bagian depan Kelenteng Boen Hay Bio, dengan tulisan pada gerbang berbunyi “Vihara Karunayala, Boen Hay Bio Serpong”. Halaman Kelenteng Boen Hay Bio ini cukup luas, dengan warung penduduk terletak di sebelah kanan depan, di bawah pohon beringin. Menempel di atas wuwungan gerbang Kelenteng Boen Hay Bio ada kepiting raksasa. Ornamen yang baru pertama kali saya lihat di kelenteng ini. Rupanya kepiting dalam budaya Tionghoa dipercaya dapat melindungi kuil dan mampu mmengusir roh-roh jahat.

Di bagian depan Kelenteng Boen Hay Bio terdapat deretan lampion lambang keberuntungan, serta dua buah Kim Lo, menara pembakar kertas sembahyang bersusun lima. Sebuah hiolo untuk sembahyang Dewa Langit diletakkan diantara kedua menara. Saat masuk ke ruang utama ada lilin dan pelita minyak yang selalu menyala, karena merupakan lambang kehidupan yang tak boleh mati. Arca naga berukuran besar dengan detail elok melilit pilar kelenteng. Tempat menancapkan batang lilin berupa deret pipa pendek dalam tiga baris dengan lebih dari sepuluh kolom. Lelehan sisa-sisa pembakaran lilin yang semuanya berwarna merah pada pipa itu membentuk tekstur tidak beraturan yang unik.

Altar Dewa Thay Sui di Kelenteng Boen Hay Bio. Thay Sui adalah dewa yang menguasai perputaran waktu. Pemujaan Thay Sui konon dimulai masa Dinasti Yuan (1280-1368). Sembahyang kepada Dewa Thay Sui biasanya dilakukan ketika suatu pekerjaan besar dan penting akan dikerjakan.

Tuan rumah Kelenteng Boen Hay Bio adalah Kongco Kwan Kong (Kwan Seng Tee Kun) atau Satyadharma Bodhisattva. Kwan Kong dipuja karena keteladanannya sebagai kesatria sejati yang selalu menepati janji, setia pada sumpah, dan jujur. Ia juga dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, pelindung kesusastraan, dan pelindung rakyat dari malapetaka akibat peperangan. Sebuah tambur berukuran cukup besar juga saya lihat di Kelenteng Boen Hay Bio. Namun belum pernah saya temukan tambur yang dihiasi ornamen indah di semua kelenteng yang pernah saya kunjungi. Genta juga ada di kelenteng ini.

Source Kelenteng Boen Hay Bio Tangerang Jawa Barat
Comments
Loading...