Klenteng Bahtera Bhakti Ancol Jakarta

0 246

Lokasi Klenteng Bahtera Bhakti Ancol

Kelenteng Bahtera Bhakti Ancol terletak di Jl. Pantai Sanur V, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Klenteng Bahtera Bhakti Ancol

Klenteng Bahtera Bhakti Ancol, yang oleh masyarakat sering disebut dengan nama pendek Kelenteng Ancol. Letak bangunan kelenteng ini memang berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Sedangkan nama resmi yang tertera pada gapura depan kelenteng adalah Vihara Bahtera Bhakti. Klenteng Bahtera Bhakti Ancol diperkirakan dibangun pada 1650.

Dahulu Klenteng Bahtera Bhakti Ancol bernama Da Bo Gong, Dewa Air yang dipuja pelaut sejak zaman Dinasti Song untuk keamanan pelayaran. Namun karena bentuknya sama, maka orang menganggapnya Dewa Bumi. Klenteng ini berada di luar Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), dan mestinya hanya berjarak 200 meter dari tepi laut.

Pintu gerbang Klenteng Bahtera Bhakti Ancol dengan sepasang naga berebut mustika di atas wuwungannya. Tepat dibawah patung naga terdapat lima lukisan dalam kotak segi empat yang menggambarkan lima elemen klasik Tionghoa, yaitu kayu, api, tanah, logam dan air. Papan nama Kelenteng Bahtera Bhakti Ancol ada di bawah atap wuwungan, diapit sepasang Ciok say (singa). Singa adalah hewan suci yang melambangkan energi, keberanian, dan melindungi kelenteng dari roh jahat. Di sayap kiri kanannya ada ikan, lambang kebahagiaan dan kekayaan. Di kiri kanan gerbang ada lagi sepasang Ciok say terbuat dari batu putih.

Source http://www.aroengbinang.com/ http://www.aroengbinang.com/2017/12/kelenteng-bahtera-bhakti-ancol.html
Comments
Loading...