Kedai Seni Djakarte

0 207

Lokasi Kedai Seni Djakarte

Kedai seni ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 17 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Kedai Seni Djakarte

Bangunan Kedai Seni Djakarte ini berbentuk persegi panjang. Tampak muka yang menghadap Kali Besar dipengaruhi langgam Neo Klasik (bernama gedung Jasa Raharja), sedangkan yang menghadap Jalan Pintu Besar merupakan tipikal bangunan Eropa dengan material bata. Bangunannya terletak memanjang dari arah Jalan Kali Besar Timur (tampak muka) hingga ke Jalan Pintu Besar Utara (tampak belakang).

Dari sumber Het Nieuws van den Dag voor Nederlandsch-Indie, Dinsdag 28 October 1913 p. 5, dapat diketahui bahwa lokasi Kedai Seni Djakarte saat ini adalah bekas bagian belakang kantor Batavia Zee en Brand Assurantie Maatschappij yang dulu diperuntukkan sebagai garasi dan gudang.

Dalam perjalanannya, gedung asuransi ini pernah mengalami beberapa ganti kepemilikan dan alih fungsi bangunan. Pada tahun 1941, gedung ini pernah menjadi gedung Java Sea & Fire Insurance Co. Ltd. Plakatnya masih tertempel di dinding luar, di antara dua pintu besarnya.

Sekitar tahun 1963 gedung ini diambil alih oleh perseorangan. Foto lawasmemperlihatkan bahwa gedung tersebut berubah menjadi gedung Bar-Bar. Hal ini diketahui dari tulisan Bar di atas pintu besar yang berada di selatan, dan tulisan Bar yang satunya ditempatkan di atas pintu besar yang berada di utara.

Pada tahun 1983 gedung ini selanjutnya dijadikan kantor untuk gudang distribusi alkohol ke apotek-apotek yang ada di Jakarta. Lalu, pada tahun 1990 gedung ini ditinggalkan dan dibiarkan kosong lagi. Sehingga, gedung ini hampir ambruk di mana atapnya sudah rontok.

Pada tahun 2013 gedung ini menjadi sebuah kafe setelah memperbaiki bagian atapnya yang rusak. Kafe ini diberi nama Kedai Seni Djakarte, dan dikelola oleh Susi Ratnawati. Renovasi tak selesai sampai di situ, di awal 2014 kembali dilakukan perbaikan karena ternyata saluran air rusak. Kemudian di tahun 2015, Kedai Seni Djakarte mendapat bantuan dari UNESCO.

Tujuan utama dalam pemugaran ini adalah perbaikan kuda-kuda atap yang lapuk untuk menjamin kekokohan dan perpanjangan umur bangunan. Selain itu juga dalam upaya untuk memperbaiki tampak bangunan agar utuh dan sesuai dengan kondisi aslinya. Pekerjaan ini adalah proyek percontohan pemugaran bangunan cagar budaya oleh UNESCO Jakarta, yang merupakan bagian dari program revitalisasi Kota Tua Jakarta.

Source Kedai Seni Djakarte Jakarta
Comments
Loading...